Dancow Parenting Center

Home / Semua Usia / 1 - 3 tahun / Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Sep 27, 2016

Agar Si Kecil Tak Mudah Sakit

Share Article ini

Saat si Kecil sakit biasanya orang tua menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya terkulai lemas tak berdaya. Anak-anak memang lebih mudah sakit dibandingkan orang dewasa. Hal itu karena sistem kekebalan tubuhnya belum terbentuk dengan sempurna.

Beberapa faktor yang menyebabkan anak bisa terpapar penyakit antara lain cuaca, polusi dan pencemaran lingkungan. Selain itu, virus dan bakteri mudah menyebar saat anak menggunakan fasilitas publik. Penyebabnya karena pengetahuan masyarakat yang masih minim untuk menjaga sarana umum. Namun, orang tua dapat melakukan upaya pecegahan agar si Kecil tak gampang sakit.

Menjaga Kebersihan

Bunda perlu memperhatikan kebersihan tubuh si Kecil agar terhindar dari virus atau bakteri yang bisa menyerang sistem imunnya. Sumber kuman yang bisa membuat anak sakit biasanya ada di kuku, gigi dan pakaiannya. Maka Bunda harus memastikan tubuh anak bersih, terutama setelah ia bermain dan bereksplorasi di luar rumah.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan si Kecil setiap hari ya Bunda. Sebab cairan berguna agar proses pencernaan, sirkulasi darah, serta proses metabolisme tubuh lainnya berjalan optimal. Apabila tubuh anak kekurangan cairan, maka akan mengalami dehidrasi. Akibatnya, dia akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk menunjang daya tahan tubuh anak. Sajikan buah dan sayur yang sesuai kebutuhan anak secara rutin. Makanan bergizi untuk anak akan membantu sistem imunnya menjadi lebih kuat.

Berikan Madu

Bunda bisa memberikan madu alami pada si Kecil yang sudah berusia 2 tahun. Konsumsi madu secara rutin bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya. Sri Agung Fitri Kusuma dalam karya ilmiah berjudul Pemeriksaan Kualitas Madu Komersial mengatakan kadar gula yang tinggi pada madu akan menghambat bakteri sehingga organisme tersebut tidak dapat hidup dan berkembang. Selain itu, senyawa radikal pada madu juga dapat membunuh mikroorganisme patogen.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.