Yuk, Latih Kemandirian Si Kecil dengan Permainan Seru Ini! | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Yuk, Latih Kemandirian Si Kecil dengan Permainan Seru Ini!

10-19-2018

 Yuk, Latih Kemandirian Si Kecil dengan Permainan Seru Ini!

Melatih kemandirian pada Si Kecil sebaiknya dilakukan sejak dini. Supaya anak tak merasa terintimidasi, tentu Bunda perlu cari cara lain yang lebih menyenangkan. Bermain merupakan cara yang cukup efektif untuk membantu mengembangkan keterampilan dan melatih perkembangan sosial Si Kecil di masa depan. Apa saja kira-kira permainan anak mandiri itu? Bunda bisa mendapatkan infonya di sini. Yuk, disimak!

1. Bermain Boneka

Menurut Ajeng Raviando, psikolog anak dari klinik konseling bernama Teman Hati Konseling, bermain boneka ternyata memberikan banyak manfaat bagi Si Kecil. Salah satunya, bisa membantu melatih sikap mandiri. Sebab saat bermain boneka, biasanya ia meniru Bunda bagaimana cara menyuapi makanan atau memakai pakaian. Secara tidak langsung, hal ini bisa mendukung Si Kecil belajar makan dan mengenakan pakaiannya sendiri. Selain itu, ia juga belajar tidak tergantung dengan Bunda dalam menjaga dan menyimpan boneka agar tidak rusak.

2. Petak Umpet

Permainan ini mungkin terlihat sepele. Namun Dr. Susan Davis yang merupakan psikolog sekaligus penulis buku “Raising Children”, mengatakan bahwa petak umpet adalah permainan yang dapat membantu melatih kemandirian Si Kecil. Saat Bunda sembunyi, ia belajar tidak selalu tergantung dengan Bunda dan mendukungnya untuk percaya dengan kemampuannya. Selain itu, petak umpet juga merupakan salah satu dari permainan tradisional anak yang meningkatkan kemampuan bersosialisasi, bila dilakukan bersama anak seusianya.

3. Slime

Ini bisa jadi permainan alternatif untuk membantu melatih kemandirian Si Kecil. Apalagi, kalau Bunda juga melibatkannya untuk membuat slime di rumah. Yuk, ajak Si Kecil mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, lalu ajari cara membuatnya dengan perlahan-lahan. Mempelajari keterampilan yang baru, dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri Si Kecil untuk melakukan suatu hal sendiri.

4. Perahu Kertas

Di lain waktu, Bunda juga bisa mengajak Si Kecil membuat perahu dari kertas origami. Dengan cara ini, Bunda bisa mengajarkan keterampilan melipat kertas kepada Si Kecil. Menguasai keterampilan melipat kertas, tentu membuat kemampuannya makin bertambah. Ini artinya Si Kecil makin percaya melakukan hal baru tanpa bantuan Bunda. Supaya ia makin merasa percaya diri, Bunda juga bisa mendukung Si Kecil mengajarkan cara membuat perahu kertas ke anak lainnya.

5. Puzzle

Permainan puzzle menurut Gwen Dewar, PhD, founder situs keluarga Parenting Science, dapat mendukung kemampuan Si Kecil dalam memecahkan masalahnya secara mandiri. Selama bermain, Si Kecil akan berusaha agar potongan-potongan puzzle terbentuk menjadi sebuah gambar.

Sambil mengajak Si Kecil bermain, jangan lupa pastikan kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan menyiapkan makanan sehat bergizi seimbang. Susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 5+  mengandung vitamin A, C, E; selenium, zink, zat besi, minyak ikan, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Nah, ternyata melatih Si Kecil belajar mandiri bisa dilakukan dengan cara yang seru, ya. Yuk, ajak Si Kecil melakukan beberapa permainan anak mandiri di atas. Selamat mencoba!