Stimulasi

Yuk, Latih Kecerdasan Anak Sekaligus Belajar Budaya Bangsa Lewat Kegiatan Ini

24-01-2020

Belajar Budaya Indonesia Sejak Dini untuk Mengembangkan Kecerdasan Anak

Melatih kecerdasan anak bisa dilakukan dengan banyak cara. Bahkan mempelajari bahasa budaya merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk melatih kecerdasan Si Buah Hati sejak usia dini, lho. Banyak orang tua yang memperkenalkan bahasa atau budaya asing kepada anak mereka untuk menambah pengetahuan dan kecerdasan anak. Namun, penting juga bagi Si Buah Hati untuk mengenali bahasa dan kebudayaan bangsanya sendiri.

Kenalkan Si Buah Hati dengan Budaya Indonesia

Budaya bangsa adalah hal yang akan turut membentuk nilai-nilai seorang individu dan akan menjadi pedoman dasar bagaimana seseorang bersikap dan berperilaku. Dengan mempelajari budaya bangsanya lewat kegiatan yang edukatif dan menyenangkan sendiri, Si Buah Hati juga belajar untuk mencintai tanah airnya sekaligus mengasah kecerdasannya.

Beberapa mainan edukasi berbentuk aktivitas menarik bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan budaya Indonesia sekaligus melatih kecerdasannya. Apa saja ya, kegiatan menarik yang bisa dilakukan untuk belajar budaya Indonesia dan meningkatkan kecerdasan Si Buah Hati tercinta? Yuk, simak beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Melakukan Permainan Tradisional

Meski kelihatan sederhana, kecerdasan anak akan diasah saat memainkan permainan tradisional Indonesia. Tentunya tidak semua anak bisa memainkan permainan tradisional ini, jadi Bunda bisa memilih permainan yang memang seusai dengan usia Si Buah Hati, ya. Beberapa permainan tradisional yang bisa dicoba antara lain:

  • Congklak
    Permainan satu ini akan menstimulasi kemampuan berhitung dan problem solving Si Buah Hati. Pada anak yang lebih kecil, menggenggam biji congklak juga bisa jadi latihan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus.

 

  • Petak Umpet

Permainan ini akan melatih koordinasi mata serta kaki Si Buah Hati. Dengan bermain petak umpet, Si Buah Hati menjadi lebih peka dengan sekeliling serta melatih kemampuannya berlari.

 

  • Engklek

Permainan ini lebih cocok dilakukan anak yang sudah cukup besar, karena engklek biasanya memerlukan keseimbangan dan kestabilan tubuh pemainnya. Permainan engklek yang juda dikenal dengan nama taplak ini juga melatih gerak motorik halus saat tangan melempar batu ke kotak yang diinginkan pemain.

2. Ikut Pawai Kemerdekaan

Ajaklah anak untuk mengenakan kostum tradisional dan mengikuti pawai kemerdekaan yang ada di sekitar tempat tinggal. Dengan begitu, Si Buah Hati jadi belajar bersosialisasi dengan banyak orang yang ia temui selama pawai berlangsung. Tidak hanya itu, pawai adalah kesempatan baik untuk belajar tentang kebudayaan dan kisah perjuangan para pahlawan bangsa.

 

3. Memasak Makanan Tradisional Bersama-sama

Tidak perlu memasak serius, namun ajaklah Si Buah Hati memasak makanan tradisional khas daerah asalnya bersama keluarga. Perkenalkan anak kepada bumbu-bumbu tradisional untuk membuat masakan tersebut. Selain menstimulasi kemampuan motorik dan panca inderanya, Si Buah Hati jadi belajar tentang makanan tradisional daerah asal keluarga.

 

4. Membaca Dongeng Cerita Rakyat

Selain melatih keterampilan berbahasa, berimajinasi dan melatih kreativitas, dengan membaca dongeng cerita rakyat Si Buah Hati akan lebih mengenali budaya Indonesia khususnya budaya dari daerah-daerah yang masih tradisional. Bunda juga bisa bermain lewat dongeng interaktif yang ada di DANCOW Parenting Center bersama Si Buah Hati, lho!

 

Ternyata kecerdasan anak juga bisa dilatih sambil  belajar tentang budaya bangsa Indonesia. Tentunya untuk mengoptimalkan kecerdasan serta tumbuh kembang Si Buah Hati, lengkapi juga kebutuhan nutrisi anak dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin. Dengan asupan nutrisi yang cukup, Si Buah Hati akan terlindungi kesehatannya saat beraktivitas.