Stimulasi

Yuk, Coba Kreasi Sabun Ini Agar Si Buah Hati Senang Mencuci Tangan

12-11-2020

kreasi bentuk sabun membuat anak semangat mencuci tangan

Mengajarkan Si Buah Hati rutin mencuci tangan adalah hal yang penting untuk menjaga perkembangan kesehatannya, terutama di masa seperti sekarang ini. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menurut penelitian yang sudah ada, mencuci tangan dengan sabun tidak hanya membantu perkembangan anak, tetapi juga melindungi anak-anak dari penyakit pencernaan seperti diare dan penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Cuci tangan dengan sabun dapat mencegah hingga 50% penyakit yang berhubungan dengan pencernaan pada anak-anak serta dapat mencegah hingga 20% penyakit yang disebabkan infeksi saluran pernapasan.

1

Pencegahan menularnya berbagai kuman dan penyakit lainnya dari tangan tentu harus diikuti dengan frekuensi mencuci tangan yang rutin. Ajaklah Si Buah Hati untuk rajin mencuci tangan sebelum dan setelah makan, setelah buang air, setelah menyentuh berbagai barang atau binatang peliharaan, dll. Supaya Si Buah Hati tidak bosan dan bersemangat cuci tangan dengan rutin, ada berbagai hal yang bisa bunda lakukan. Salah satunya adalah berkreasi dengan sabun cuci tangan Si Buah Hati. Yuk, coba beberapa kreasi sabun sederhana berikut ini agar Si Buah Hati semakin senang mencuci tangan dengan rutin, Bunda!

  1. Menempelkan Stiker ke Wadah Sabun Cair

Tempelan stiker bergambar karakter favorit atau binatang kesukaan Si Buah Hati di wadah sabun tentu membuat wadah tersebut jadi lebih terasa menarik dan personal bagi anak. Dengan begitu, Si Buah Hati semangat menggunakan sabun yang ada di wadah tersebut untuk cuci tangan.

 

  1. Masukkan Mainan ke Wadah Sabun Cair

Pilihlah beberapa mainan mini yang menjadi favorit Si Buah Hati dan masukkan ke dalam wadah sabun cair transparan. Mainan mini di dalam wadah sabun ini tentunya menjadi aksesoris yang menarik perhatian Si Buah Hati sehingga ia jadi makin rajin mencuci tangan.

 

  1. DIY Sabun Berisi Mainan

Supaya waktu mencuci tangan jadi tak membosankan bagi Si Buah Hati, Bunda bisa membuat sendiri sabun transparan yang di dalamnya berisi mainan. Saat ini sudah banyak video yang menjelaskan cara mudah dan praktis membuat dan mencetak sabun sendiri di rumah. Saat sabun sudah jadi, tampilan sabun batangan Si Buah Hati akan jadi lebih menarik karena berisi mainan dibandingkan sabun batangan yang biasa. Si Buah Hati tentu jadi senang mencuci tangan karena sambil bermain dengan sabunnya.

 

  1. DIY Sabun Bentuk Unik Warna Warni

1

Selain membuat sabun transparan berisikan mainan plastik, Bunda juga bisa berkreasi membuat sabun dengan berbagai bentuk dan warna. Siapkan beberapa cetakan sabun dengan bentuk lucu agar Bunda bisa membuat sabun berbagai bentuk dan warna untuk Si Buah Hati di rumah, ya. Bentuk sabun yang unik dan warna-warni yang menarik membuat waktu cuci tangan Si Buah Hati jadi semakin menyenangkan.

Baca Juga: Kegiatan Harian Bisa Ajarkan Si Buah Hati Kebersihan Diri

Selain mengajarkan anak cara mencuci tangan dengan benar untuk menjaga kesehatannya, Bunda juga bisa dukung daya tahan tubuh Si Buah Hati dengan memberikan menu bergizi lengkap dan seimbang. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang dapat mendukung perlindungan daya tahan tubuhnya saat ia aktif bereksplorasi.

DANCOW 5+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zink, vitamin C, vitamin B6, B12, biotin, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati yang berusia di atas 5 tahun #PreschoolExpert.

Yuk, Bunda, jangan bosan mengingatkan Si Buah Hati agar rajin mencuci tangan dengan sabun untuk mendukung perkembangan kesehatannya, ya. Ingin mendukung perkembangan kesehatan Si Buah Hati agar semakin optimal? Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati melakukan berbagai aktivitas seru lainnya di Nutritods 101 Monitor.