Stimulasi

Yuk, Ajak Si Kecil Merangkak di "Terowongan"!

11-09-2018

Yuk, Ajak Si Kecil Merangkak di "Terowongan"!

 

Saat memasuki usia 1 tahun, si Kecil mengalami perkembangan fisik dan motorik yang amat pesat. Dokter Anak Catharine M. Sambo pada artikel berjudul Aktivitas Fisik pada Anak di situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menyarankan beberapa aktivitas yang bisa dilakukan anak untuk merangsang kemampuan gerak. Beberapa kegiatan itu antara lain berguling, duduk, dan merangkak.

Merangkak adalah salah satu tahapan yang dilalui anak saat sedang belajar berjalan. Biasanya, setelah melalui proses ini, dia perlahan mulai berdiri. Pada usia satu tahun, kakinya sudah kuat menopang tubuh. Di momen ini, beberapa anak mulai berjalan dengan bantuan, sementara sebagian anak lain sudah mampu berjalan sendiri.

Namun, ternyata tidak semua anak melalui proses merangkak sebelum mampu berdiri sendiri. Padahal merangkak adalah salah satu tahapan yang dibutuhkan sebagai cara melatih anak berjalan. Selain itu, merangkak juga akan memperkuat leher, tangan, sendi, dan ototnya. Aktivitas ini juga bisa melatih otak kanan dan otak kiri anak. Sebab gerakan yang dilakukan dapat merangsangnya untuk mengintegrasikan kedua area yang berbeda pada otak.

Nah, Bunda bisa mengajak si Kecil untuk merangkak. Salah satu stimulasi perkembangan motorik yang bisa dilakukan bersamanya adalah merangkak melewati terowongan. Permainan ini akan mengasah kemampuan motorik kasar anak yang mulai belajar berdiri. Tapi, Bunda juga bisa mengajak anak yang sudah lancar berjalan untuk melakukan kegiatan ini. Berikut bahan dan cara bermain “Melewati Terowongan”, dari buku 100 Permainan yang Mencerdaskan Bayi dan Balita:

Bahan yang perlu disiapkan:

Empat buah kardus besar, atau mainan terowongan berbentuk silinder, bila ada.

Cara bermain:
1. Susun kardus-kardus berderet membentuk terowongan.
2. Bunda bisa memberikan contoh kepada si Kecil melintasi terowongan kardus dan memintanya untuk mengikuti.
3. Sembari merangkak melewati terowongan, Bunda juga bisa mengajak dia menyanyikan lagu kesukaannya. Sehingga suasana bermain lebih menarik, riang, dan menyenangkan.
4. Bunda bisa juga meletakkan mainan favorit anak di ujung terowongan. Sehingga ia semakin bersemangat melintasi terowongan karena ingin meraih mainan. Selain itu, Bunda juga bisa seolah-olah merangkak mengejarnya, sehingga ia akan bergerak lebih cepat.

Permainan "merangkak melewati terowongan" ini akan memperkuat ikatan antara Bunda dan si Kecil. Juga melatih keseimbangan serta keterampilan spasialnya. Selain itu, ia akan belajar mengoordinasikan mata-tubuh sehingga mampu mengatur gerakannya secara simultan. Yang penting, biarkan ia bebas bereksplorasi. Bunda perlu memastikan bahwa ruang bermain anak aman dan selalu dalam pantauan.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.