Parenting

Yang Bunda Perlu Tahu tentang Golden Age Si Kecil

05-09-2018

Yang Bunda Perlu Tahu tentang Golden Age Si Kecil

Otak merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pusat kontrol dan kendali atas semua sistem di dalam tubuh. Dalam perkembangan otak si Kecil, ada periode yang dikenal sebagai periode pacu tumbuh otak atau brain growth spurt. Yakni masa di mana otak si Kecil berkembang sangat cepat, yang terjadi selama rentang usia 0-3 tahun atau disebut golden age.

Periode pacu tumbuh otak pertama kali dimulai ketika si Kecil masih dalam kandungan Bunda, memasuki trimester ketiga). Sementara periode pacu tumbuh otak kedua terjadi setelah si Kecil lahir hingga berusia 36 bulan. Selama itu, si Kecil mempunyai keinginan belajar yang luar biasa dan senang mempelajari berbagai hal.

Menurut Hasan Maimunah dalam buku Pendidikan Anak Usia Dini, proses pertumbuhan otak si Kecil berjalan sesuai dengan pertumbuhan badannya. Ketika ia menginjak umur 5 tahun, pertumbuhan otaknya pun sudah 80% sempurna. Sementara di usia 6 tahun, proses pertumbuhan otak si Kecil bisa dikatakan sudah sempurna.

Baca juga: Dukung Eksplorasi Cerdas Si Kecil Lewat Beragam Makanan Kaya Omega-3

Nah, pada usia golden age inilah Bunda memiliki peran sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak. Karena masa pertumbuhan si Kecil hingga berumur 5 tahun merupakan parameter sederhana untuk menilai kenormalan status kesehatannya.

Berbagai hal bisa dilakukan Bunda agar otak si Kecil berkembang optimal. Misalnya saja dengan memberikan asupan gizi serta nutrisi bagi si Kecil. Selain makanan bergizi, untuk si Kecil yang berusia 1 sampai 3 tahun, Bunda bisa menambahkan dengan susu pertumbuhan DANCOW 1+ EXCELNUTRI+ agar si Kecil berani bereksplorasi. DANCOW 1+ EXCELNUTRI+, merupakan inovasi terbaru dari Nestlé Research Center, Swiss, dengan dengan tiga keunggulan nutrisi untuk perlindungan dan pertumbuhan fisik.

Di sisi lain, Bunda dapat memberikan stimulasi, terutama dalam merangsang kecerdasan si Kecil. Stimulus yang diberikan tidak hanya berupa pelukan atau dekapan. Tetapi juga berupa pernyataan cinta, kasih sayang, mengajak berbicara, mengajak bermain, bersenda gurau, atau memberikan pujian yang bisa membangkitkan semangat si Kecil untuk bereksplorasi. Sehingga otaknya selalu terangsang untuk menerima berbagai pengetahuan baru.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

Baca juga: 4 Aktivitas Simple Rangsang Kecerdasan Si Kecil