Nutrisi

Ubi Manis, Camilan Sehat untuk Si Kecil

12-09-2018

Ubi Manis, Camilan Sehat untuk Si Kecil

 

Saat menginjak usia 1 tahun, si Kecil membutuhkan makanan pendamping atau camilan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Fungsi camilan itu sendiri sebagai pelengkap makanan utama. Agar tidak mengganggu jam makan besar, berikanlah dua kali makanan selingan dalam sehari. Yaitu di antara sarapan dan makan siang serta di antara makan siang dan makan malam.

Satu alternatif kudapan sehat yang dapat Bunda berikan kepada si Kecil adalah ubi manis. Kandungan nutrisi pada ubi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti karotenoid dan serat pada ubi yang dapat membantu metabolisme, mempermudah saluran cerna menyerap makanan, dan menstabilkan kadar gula darah. Ubi manis juga mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin B6, potassium, kalsium, dan magnesium.

Meski rasanya manis, Bunda tidak perlu khawatir santapan ini bakal merusak gigi atau nafsu makan si Kecil. Sebab rasa manis dari ubi bersifat alami. Sehingga sehat untuk tubuh Si Kecil. Mengingat banyaknya nutrisi yang terkandung pada ubi, Bunda tidak perlu berpikir panjang lagi untuk mengolahnya menjadi camilan. Misalnya saja menyajikannya dengan sajian:

1. Ubi panggang

Cara penyajian yang satu ini sangat mudah. Bunda cukup menyediakan ubi manis, cuci bersih, dan potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, panggang sebentar dan sajikanlah. Kulit ubi tidak perlu dikupas, karena di sini terdapat zat penting yang sayang untuk dilewatkan.

 

2. Ubi rebus

Bila tidak memiliki alat pemanggang, Bunda bisa memberikan camilan ubi rebus. Caranya pun tidak jauh beda dengan ubi pangang. Cuci bersih dan potong ubi manis menjadi beberapa bagian. Lalu rebus dengan air secukupnya. Bedanya dengan ubi panggang yang kering, camilan rebusan ini akan bertekstur rada basah.

 

3. Cake kukus ubi

Untuk resep makanan yang satu ini, Bunda memerlukan banyak bahan selain ubi. Misalnya saja tepung beras, tepung ketan hitam, telur, gula pasir, susu kental, santan, minyak goreng, dan vanili bubuk. Ubi yang sudah dikukus pun perlu Bunda blender dulu, kemudian dicampur dengan bahan lain menggunakan mixer. Setelah rata, panggang adonan selama 30 menit. Cake kukus ubi matang, si Kecil bisa mencicipnya.

 

Sesungguhnya masih banyak bentuk camilan ubi manis lainnya buat si Kecil. Asalkan Bunda rajin berkreasi. Karena sajian ini sebagai makanan pelengkap, berikanlah secukupnya saja. Selain perutnya yang belum mampu menampung banyak makanan, Bunda perlu juga menjaga ia tetap merasa lapar ketika tiba waktu makan besar.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi