Parenting

Tunjukkan Rasa Cinta Ibu dengan Kegiatan yang Mengasah Kemampuan Kognitif Anak

14-12-2020

Menunjukkan rasa cinta ibu dengan bernyanyi bersama

Bunda, ada banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta Ibu kepada Si Buah Hati. Beberapa di antaranya adalah dengan mendukung ia terus bereksplorasi serta memberikan stimulasi dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan berbagai kemampuannya. Salah satu kemampuan Si Buah Hati yang perlu terus diasah agar tumbuh kembangnya optimal adalah kemampuan kognitif. Karena dengan memiliki kemampuan inilah Si Buah Hati nantinya dapat berpikir, mengeksplorasi, serta menjadi dasar untuknya dalam mengembangkan pengetahuan atau memecahkan masalah di kemudian hari.

 

1

 

Untuk mengembangkan kemampuan kognitif Si Buah Hati, salah satu pola asuh anak usia dini yang bisa Bunda gunakan adalah memberikan stimulasi yang tepat. Misalnya dengan melakukan berbagai kegiatan sederhana tapi bermanfaat di rumah untuk merayakan momen-momen berharga seperti Hari Ibu. Nah, di Hari Ibu kali ini tak ada salahnya Bunda dan Si Buah Hati melakukan beberapa kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan kognitifnya berikut ini.

 

  1. Menyanyi Bersama
    Mengajak Si Buah Hati bernyanyi lagu yang menunjukkan rasa cinta Ibu tak hanya sekadar kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya. Bunda bisa mengajak Si Buah Hati menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama, misalnya lagu “Sayang Semuanya” yang berisi tentang cinta kepada orang tua dan keluarga, sambil melakukan beberapa gerakan mudah yang bisa diikuti Si Buah Hati.

 

Menurut berbagai penelitian, ada kaitan yang erat antara musik dan perkembangan kognitif anak-anak. Jika Bunda perhatikan, lagu anak-anak biasanya banyak memiliki kata yang diulang-ulang serta mengandung rima. Inilah yang kemudian membantu meningkatkan kemampuan mengingat serta kemampuan kognitif Si Buah Hati. Dilansir dari artikel Dr.Shelly Cooper, seorang pengajar dan peneliti di bidang musik, lagu dapat membantu perkembangan otak, menambah kosakata, hingga membantu orang menjadi lebih sukses dalam bidang pelajaran.

 

  1. Menghias Kartu Ucapan

Ajak Si Buah Hati untuk menghias kartu ucapan dengan berbagai stiker lucu. Untuk menstimulasi kemampuan kognitifnya, saat menempelkan stiker sebaiknya Bunda memperkenalkan bentuk dan warna stiker kepada Si Buah Hati. Misalnya saat menempel stiker berbentuk segitiga berwarna merah, ulanglah kata-kata “segitiga” dan “merah” kepada Si Buah Hati. Kemudian, ajukan juga pilihan sederhana, misalnya “Adik mau tempel stiker yang ini atau yang ini?” kepada Si Buah Hati  untuk melatih kemampuan kognitifnya dalam mengambil keputusan.

 


2

 

Baca Juga: Sambil Bermain, Asah Kecerdasan Emosional  Si Buah Hati di Rumah

 

  1. Mewarnai Bingkai Foto

Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati mewarnai bingkai foto yang terbuat dari kertas. Kegiatan ini dapat membantu Si Buah Hati mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk meningkatkan kemampuan kognitif. Sambil mewarnai, Bunda juga bisa memperkenalkan nama warna-warna yang digunakan kepada Si Buah Hati untuk mengasah kemampuan kognitifnya yang berkaitan dengan pengenalan warna.

 

Selain memberikan stimulasi lewat berbagai kegiatan menyenangkan tadi, pastikan juga kebutuhan nutrisi Si Buah Hati seimbang dan terpenuhi ya, Bunda. Dengan begitu, kemampuan kognitif Si Buah Hati serta tumbuh kembangnya dapat berlangsung optimal. 9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 1+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan  yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan  0 gram sukrosa, lebih  banyak laktosa, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6,serat pangan inulin dan mikronutrien lainnya  serta Lactobacillus rhamnosus. Sebagai #PartnerBunda, DANCOW Nutritods membantu Bunda untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati!

 

Bunda juga bisa menunjukkan rasa cinta ibu kepada Si Buah Hati dengan mengajaknya melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Yuk, cari tahu apa lagi aktivitas yang bisa Si Buah Hati lakukan untuk mendukung perkembangan kognitif serta dimensi tumbuh kembang anak lainnya di Nutritods 101 Monitor.

 

*Berdasarkan hasil uji coba 361 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020