Nutrisi

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Sejak Dini Lewat Asupan Sehat

03-09-2018

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Sejak Dini Lewat Asupan Sehat

Siapa sih yang tak ingin memiliki buah hati yang sehat dan bisa bereksplorasi di luar? Setiap orangtua tentu menginginkannya. Namun terkadang, ketika sedang berlarian di taman, si Kecil dapat tersandung dan jatuh. Hmm, tidak mudah melihat mereka terjatuh. Namun demi proses kemandiriannya, cobalah untuk menahan diri, jadikan momen ini sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh anak. Biarkan dia belajar untuk bangun dan jalan lagi.

Lantas, apa yang perlu dilakukan Bunda? Selain memberikan pengawasan, Bunda lebih perlu memberinya perlindungan dari dalam. Berikan beragam asupan bernutrisi yang lengkap dan seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Sebab, dari asupan inilah daya tahan tubuh si Kecil bisa tetap kuat, sehingga dia bisa terus belajar dan bereksplorasi dengan beragam hal baru yang ada di sekelilingnya. Berikut beberapa sumber nutrisi  yang baik untuk menunjang daya tahan tubuhnya.

Asupan Vitamin C

Pedoman Gizi Seimbang (PGS) menjelaskan bila di dalam buah-buahan dan sayuran terdapat vitamin dan mineral yang dapat berperan sebagai antioksidan. Salah satunya adalah vitamin C. Sebagai antioksidan, vitamin C memiliki manfaat yang baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak. Vitamin C termasuk vitamin yang larut dalam air. Berdasarkan data PGS, anak-anak berusia 1-3 tahun membutuhkan Vitamin C sebanyak 40 mg setiap harinya. Menurut data Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM), Bunda dapat memperoleh sumber vitamin C dari buah-buahan seperti jeruk, alpukat, belimbing dan sayuran seperti bayam, lobak dan kacang panjang.

Bunda, baca juga artikel ini: Dari Mana Sih Sumber Kekebalan Tubuh Si Kecil?

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin E

Sumber antioksidan lain selain vitamin C adalah vitamin E. Menurut PGS, vitamin E bermanfaat untuk pembentukan sel-sel antibodi di dalam tubuh, yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit, khususnya yang disebabkan bakteri. Vitamin E banyak dijumpai dari kacang-kacangan seperti kacang merah. Bunda dapat mengolah kacang merah ini menjadi sup yang lezat dan bergizi buat si Kecil. Jangan lupa memperhatikan tingkat kematangannya saat memasak, agar lebih mudah dimakan oleh si Kecil.

Zinc

Selain vitamin, PGS juga menyebutkan bila mineral khususnya yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan dapat berperan sebagai antioksidan. Zat ini berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satu mineral yang dapat berfungsi sebagai antioksidan adalah zinc atau seng. Di dalam tubuh, mineral ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak akibat luka. Sumber makanan yang kaya akan zinc dapat diperoleh dari makanan laut seperti ikan dan kerang, daging sapi serta kacang-kacangan.

Sajikan nutrisi-nutrisi tersebut dalam menu harian si Kecil. Bunda juga dapat melengkapinya dengan susu pertumbuhan DANCOW ExcelNutri+. Selain memiliki rasa yang enak, susu pertumbuhan ini mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, Bifidobacterium longum, vitamin A, C, E, mineral selenium dan juga zink. Si Kecil bisa mendapatkan perlindungan dari dalam dengan cara memakan asupan bergizi dan seimbang serta dilengkapi dengan susu pertumbuhan, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur.