Nutrisi

Susu Pertumbuhan Lengkapi Nutrisi untuk Pertumbuhan si Kecil

14-11-2020

Susu Pertumbuhan Lengkapi Nutrisi untuk Pertumbuhan si Kecil

umah saja.

Padahal dengan semakin bertambahnya usia, Si Kecil akan semakin lincah bergerak. Apalagi kala ia memasuki usia 3 tahun. Kondisi ini mengikuti proses perkembangan kemampuan motoriknya. Sehingga si Kecil cenderung melakukan kegiatan fisik dalam kehidupan sehari-hari. Rumah yang tadinya menjadi sarana bereksplorasi tentunya tidak lagi menarik bagi si Kecil. Muncul keinginan untuk mengeksplor ruang di luar rumah.

Situs Ikatan Dokter Anak Indonesia menuliskan, anak usia prasekolah memiliki banyak sekali pilihan permainan yang dapat dijadikan aktivitas fisik. Dan selama aktivitas, selipkan latihan yang membuat anak bernafas lebih cepat dan dalam. Misalnya, ajak anak berlomba jarak pendek saat bersepeda.

Si Kecil sebaiknya melakukan kegiatan fisik setidaknya 60 menit dengan intensitas sedang yang menyenangkan. Bunda dapat melihat manfaat dari kegiatan fisik yang dilakukan si Kecil, misalnya pertumbuhan tulang dan otot yang baik, anak terhindar dari obesitas, dan ketrampilan gerak.

Kegiatan fisik di luar rumah pun diyakini bermanfaat bagi perkembangan emosi dan interaksi sosial si Kecil. Karenanya, Bunda bisa mengajak si Kecil berjalan-jalan untuk mengenal dan mengeksplorasi lingkungan di luar rumah. Sehingga Si Kecil akan mengenal makhluk lain seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, hingga belajar bersosialisasi dengan tetangga. Bunda tak perlu khawatir si Kecil jadi cepat lelah dan jatuh sakit saat bereksplorasi di luar rumah. Tubuh si Kecil akan tetap berenergi serta harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Sehingga imunitas tubuhnya akan melindunginya dari penyakit selama si Kecil memenuhi gizi dan nutrisi sesuai tumbuh kembangnya.

Jumlah nutrisi yang dibutuhkan setiap anak berbeda, diukur dari berat dan tinggi badan. Namun pastinya Bunda sudah dapat menerapkan pola makan Pola Gizi Seimbang (PGS) pada si Kecil. Dalam PGS, nutrisi yang diberikan untuk si Kecil bersumber dari berbagai jenis asupan yang dibagi dalam tiga fungsi yaitu sumber energi, sumber zat pengatur, dan sumber zat pembangun.

Sumber energi (karbohidrat, lemak, protein) bisa diperoleh dari padi, umbi-umbian, tepung, sagu, dan lainnya. Untuk sumber zat pengatur (vitamin A, B, C, D, E, K dan mineral) diperoleh dari sayur dan buah-buahan. Sedangkan sumber zat pembangun (protein dan air) dapat dihasilkan dari susu, ikan, ayam, daging, telur dan kacang-kacangan.

Menu harian sederhana yang Bunda bisa berikan untuk si Kecil seperti roti selai dan susu sebagai sarapan di pagi hari, cemilan si Kecil bisa berupa buah, kemudian makan siang berupa nasi lengkap dengan lauk pauk seperti sate hati ayam, sayur bayam, dan tahu. Sementara untuk kudapan sore hari, si Kecil bisa menyantap bubur kacang hijau, dan menu makan malam mirip dengan makan siang dengan tambahan susu.

Susu pertumbuhan masih dibutuhkan untuk menyempurnakan tumbuh kembang si Kecil saat usianya menginjak 3 tahun ke atas. Susu pertumbuhan melengkapi nutrisi untuk perlindungan, bakteri baik untuk imun tubuh si Kecil. Seperti fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino, dan asam pantotenat.

DANCOW Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.