Si Kecil Bosan Konsumsi Nasi? Yuk, Buatkan Kreasi Berikut Ini! | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Si Kecil Bosan Konsumsi Nasi? Yuk, Buatkan Kreasi Berikut Ini!

09-11-2018

Ini Bisa Jadi Solusi Kenapa Anak Tidak Mau Makan Nasi

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat bagi Si Kecil. Namun, terkadang ia bisa saja bosan melahapnya. Alasan kenapa anak tidak mau makan nasi bermacam-macam. Mulai dari penyajian yang kurang menarik, hingga bosan dengan rasa yang itu-itu saja. Untuk itu, Bunda perlu lebih kreatif menyajikan menu yang bergizi bagi Si Kecil. Kira-kira kreasi nasi apa saja ya, yang bisa menggugah seleranya? Intip inspirasinya di sini, yuk!

Ini salah satu cara sederhana untuk membuat rasa nasi lebih lezat. Bunda hanya perlu mencairkan margarin di atas wajan, lalu masukkan telur yang diaduk-aduk menjadi orak-arik. Setelah itu, baru masukkan nasi ke dalamnya. Bunda bisa tambahkan irisan ayam, dan juga potongan sayuran seperti tomat dan timun untuk melengkapi asupan nutrisinya. 

Salah satu alasan kenapa anak tidak mau makan nasi adalah karena penyajiannya yang kurang menarik. Nah, menu nasi yang satu ini bisa menjadi solusinya. Nasi, lauk, sayur, dan buah, dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan Si Kecil. Mau dibuat menjadi bentuk mobil, hewan, atau bahkan tokoh kartun favorit pun bisa. Bunda dapat mengintip cara membuatnya via Youtube. 

Bukan cuma orang dewasa, anak-anak biasanya juga suka dengan rasa nasi uduk yang gurih. Supaya dapat mencukupi kebutuhan gizinya, nasi uduk sebaiknya disajikan dengan potongan ayam, dadar telur, tempe orek, irisan tomat dan timun yang segar. 

Kreasi nasi ini juga bisa menjadi salah satu cara membuat anak mau makan nasi. Selain teksturnya yang lunak, nasi tim juga terasa gurih dan sedikit manis karena disajikan bersama potongan daging ayam bumbu kecap. Jangan lupa, sajikan nasi ini bersama sayur kuah bening, supaya asupan sayur Si Kecil tercukupi.

Jangan Paksa Si Kecil

Wajar saja Bunda bila di usia balita ini Si Kecil pilih-pilih dalam mengonsumsi makanan. Menurut dr. Maria Martina Siboe S. Kom, B.Med Sc, SpA dari RSIA YPK Mandiri, Menteng, Jakarta, pada prinsipnya ada anak yang tidak menyukai bentuk makanan tertentu, dan hal ini bisa juga terjadi pada Si Kecil. Jadi, Bunda tak perlu khawatir. Yang terpenting, pelan-pelan Bunda membujuknya makan dengan cara membuatkan beragam kreasi nasi menarik. Dengan begitu, Bunda dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat Si Kecil yang jumlahnya sekitar 55-60% dari porsi makannya per hari.

Yuk, bantu Si Kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup setiap hari! Ini bisa didapatkan dari menu yang bervariasi. DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung vitamin A, C, D; zat besi, minyak ikan, dan Lactobacillus rhamnosus, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Nah, tetap semangat untuk mengatasi masalah kenapa anak tidak mau makan nasi ya, Bunda. Selain itu, pastikan ia mendapatkan asupan gizi yang cukup, agar perlindungan kesehatannya bisa bekerja dengan optimal saat ia sedang bereksplorasi. Dengan begitu, Bunda tak perlu ragu katakan #IyaBoleh pada Si Kecil untuk mengeksplorasi hal-hal baru di sekelilingnya.