Senangnya Si Kecil Bisa Memecahkan Masalahnya | DANCOW Parenting Center
Parenting

Senangnya Si Kecil Bisa Memecahkan Masalahnya

08-31-2018

Senangnya Si Kecil Bisa Memecahkan Masalahnya

"

Saat mengambil minum sendiri, Chipi terlihat menumpahkannya ke lantai. Tapi, belum sampai Bunda minta ia mengelapnya, ia tampak berinisiatif mengambil kain pel dan membersihkannya.

Wah, bukan main bangganya dong Bunda melihat si Kecil berperilaku positif seperti ini. Tapi, kenapa ada pula ya si Kecil yang harus diberitahu dulu apa yang harus ia perbuat jika menemukan kesalahan atau kesulitan? Apa saja sih faktor yang mempengaruhinya?

Ternyata selain faktor nutirisi dan cara pengasuhan, stimulasi yang tepat juga turut berpengaruh lho Bunda. Biasanya kecerdasan dalam memecahkan masalah ini bisa Bunda latih dengan stimulasi yang berkaitan dengan kemampuan mengolah angka dan menggunakan logika. Caranya?

Beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk melatih kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah antara lain:

  • Menjawab setiap pertanyaan si Kecil dengan sabar. Nah, jika pertanyaan yang ia ajukan selalu sama, minta ia untuk mencoba apa jawaban yang benar menurutnya.
  • Ada kalanya si Kecil ingin melakukan suatu hal sendiri tanpa bantuan dari Bunda atau orang lain. Jika ini terjadi, Bunda bisa membiarkannya dengan tetap mengawasi dan memberi semangat agar si Kecil juga bisa melatih sejauh mana kemampuannya.
  • Saat si Kecil melakukan suatu kesalahan, beritahukan padanya secara logis apa yang akan terjadi kemudian. Selain itu, ajarkan pula bagaimana ia seharusnya bertindak.
  • Latih si Kecil dengan memberinya tantangan-tantangan kecil untuk membangkitkan rasa percaya dirinya.

Nah, dalam perkembangannya, si Kecil akan memperoleh banyak kemampuan menyelesaikan masalah. Mereka juga semakin baik dalam mencapai tujuan dengan membuat rencana dan belajar dari tindakan mereka untuk menyelesaikan tugas harian.

Si Kecil juga akan belajar melalui pengalaman lho. Jadi, jangan takut membantu dan mendukungnya menyelesaikan tugas dan mengajari hal baru. Apalagi, kini ada aplikasi StimuLearn yang dikembangkan khusus, untuk membantu Bunda menstimulasi si Kecil belajar bereksplorasi secara interaktif.

Yuk, unduh sekarang dan temukan permainan untuk melatih kemampuan si Kecil dalam memecahkan masalah, seperti:

  •     Island Market

Bunda dapat mengajak si Kecil seolah-olah berbelanja di pasar dan mengenalkannya dengan berbagai jenis buah dan sayur serta mengajaknya belajar berhitung.

  • Membuat Daftar Belanja

Di sini Bunda bisa meminta si Kecil membuat daftar belanja. Biarkan ia menulis dengan kata-katanya sendiri dan menambahkan gambar. Saat berbelanja, minta ia membacakan daftar belanjanya sendiri.

Untuk tahu keseruannya, unduh dan mainkan bersama si Kecil ya Bunda. Selamat bermain!

"