Nutrisi

Seberapa Penting Manfaat Susu Pertumbuhan untuk Perkembangan Anak?

07-01-2020

Lengkapi Gizi untuk Si Buah Hati dengan Susu Anak 1 Tahun

Bunda mungkin pernah bertanya, apa sih pentingnya memberikan susu anak 1 tahun kepada Si Buah Hati? Tahukah Bunda, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan di tahun 2018, ternyata masih ada 3,9% balita di Indonesia yang mengalami gizi buruk dan 13,8% menderita gizi kurang.[1] Untuk itulah, sejak dini gizi dan nutrisi yang didapatkan Si Buah Hati harus dijaga sebaik mungkin agar pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya optimal. Salah satu cara untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi [A1] Si Buah Hati adalah dengan menambahkan[A2]  susu pertumbuhan.

Selain gizi seimbang, susu[A3]  dan stimulasi yang tepat juga harus diberikan kepada Si Buah Hati agar pertumbuhan dan perkembangan anak optimal. Namun, kali ini kita akan membahas lebih banyak mengapa susu pertumbuhan penting dan apa saja perannya dalam mendukung pertumbuhan serta perkembangan anak. 

Apa Bedanya Pertumbuhan dan Perkembangan pada Anak?[Office4] 

Pertumbuhan pada Si Buah Hati adalah perubahan yang bisa terlihat secara fisik dan terukur, misalnya bertambahnya berat badan atau tinggi badan. Sedangkan perkembangan pada Si Buah Hati merupakan perubahan yang berkaitan dengan kemampuan anak sesuai dengan tahapan usianya, misalnya di usia 1 tahun ia akan belajar berdiri, berjalan, dan mulai bisa berbicara.

Nutrisi Penting di Dalam Susu Pertumbuhan[Office5] 

Di dalam susu anak 1 tahun ada kandungan nutrisi yang bermanfaat tidak hanya bagi pertumbuhan, tapi juga perkembangan otak Si Buah Hati. Apalagi dua tahun pertama usia Si Buah Hati adalah masa-masa penting dalam hidupnya, sehingga ia membutuhkan nutrisi yang bergizi dan seimbang yang bisa didapatkan dari susu pertumbuhan.[A6]  Beberapa kandungan yang ada di dalam susu pertumbuhan antara lain:

  1. Omega 3 dan 6

Kedua zat gizi ini merupakan asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Keduanya berperan penting dalam menjaga kesehatan fungsi otak. [2] Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang mendapatkan omega 3 dalam jumlah yang cukup memiliki nilai tes kecerdasan yang cukup tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak mendapatkan asupan omega 3.[3]

  1. Zink

Zink merupakan salah satu zat yang ditemukan di dalam otak dan berperan penting bagi kepintaran Si Buah Hati. Kekurangan zat ini bisa berakibat fungsi otak tidak berjalan dengan maksimal.[4] Meski pun hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit, tapi jangan sampai Si Buah Hati kekurangan apalagi tidak mendapatkan zink.

  1. Vitamin E

Meski lebih dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk kulit, vitamin E juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Vitamin yang dikenal sebagai antioksidan ini vitamin E juga dapat meningkatkan fungsi otak. Menurut penelitian, kekurangan vitamin E yang dikenal juga sebagai antioksidan ini, dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan kognitif otak.[5]

Berbagai manfaat baik untuk perkembangan anak tadi bisa didapat dari susu anak 1 tahun. Bunda juga bisa memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizinya. Bunda bisa membeli langsung DANCOW Advanced Excelnutri+ di DANCOW Parenting Center lewat salah satu partner DANCOW, lho[I7] . Jangan lupa, kunjungi juga DANCOW Parenting Rewards untuk melihat berbagai promo menarik yang sudah disiapkan untuk Bunda dan Si Buah Hati tercinta.