Sayuran Hijau, Makanan Sehat Sumber Antioksidan | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Sayuran Hijau, Makanan Sehat Sumber Antioksidan

09-03-2018

Sayuran Hijau, Makanan Sehat Sumber Antioksidan

 

Antioksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dengan melindungi sel tubuh dari kerusakan. Harvard School of Public Health memberikan lansiran bila beberapa jenis antioksidan yang cukup dikenal seperti vitamin C, vitamin E, beta-karoten dan kelompok mineral. Bunda bisa memberikan manfaat antioksidan ini dalam sajian sayuran hijau dalam makanan sehat untuk balita seperti brokoli, bayam dan juga paprika hijau. Yuk, simak penjelasan di bawah ini mengenai sayur-sayuran tersebut!

Brokoli

Dikenal sebagai superfood, nutrisi yang terkandung dalam brokoli sangatlah melimpah. Termasuk di antaranya Sulforapen yang merupakan jenis antioksidan yang terkandung di dalam brokoli. Zat ini bisa membantu melancarkan peredaran darah serta mampu menjadi perlindungan dari dalam tubuh si Kecil. Oleh, Profesor Khalid Rahman dari School of Pharmacy and Biomolecular Sciences, Liverpool John Moores University, menyarankan agar memasak brokoli untuk menu makanan balita dengan cara dikukus sampai matang.

Bunda baca juga artikel ini: Mengkombinasikan Sayuran agar Si Kecil Suka

Bayam

Berikutnya ada bayam yang banyak mengandung karoten. Zat antioksidan ini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu bayam juga menyimpan zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah. Cobalah untuk menyajikan sup bayam hangat saat sarapan sebagai menu makanan balita di pagi hari, yang bermanfaat untuk proses tumbuh kembangnya.

Paprika Hijau

Sayuran hijau lainnya adalah paprika hijau. Sebenarnya, paprika banyak pilihan warnanya. Meskipun begitu, semuanya mengandung jenis antioksidan yang sama, yaitu karotenoid. Salah satu manfaatnya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga baik untuk menunjang kesehatan si Kecil di setiap tahapan usianya.

Sudah tahu kan sayuran hijau dan kandungan antioksidannya? Tunggu apalagi, segera masukkan dalam menu sehat ini di daftar makanan sehat untuk balita si Kecil ya, Bunda.