Saatnya Bangun Rasa Percaya Diri Si Kecil Sejak Dini | DANCOW Parenting Center
Parenting

Saatnya Bangun Rasa Percaya Diri Si Kecil Sejak Dini

08-31-2018

Saatnya Bangun Rasa Percaya Diri Si Kecil Sejak Dini

"

Yup, memang penting lho Bunda membangun rasa percaya diri si Kecil sejak dini. Haruskah? Harus dong, karena faktanya rasa percaya diri akan memastikan si Kecil bisa belajar, bermain, mencintai dan berkomunikasi dengan lebih baik. Nggak mau kan si Kecil menjadi minder dan malu-malu saat Bunda ajak ia berkunjung ke rumah teman, tetangga ataupun kerabat?

Untuk membangun rasa percaya diri si Kecil sejak dini, tentunya dibutuhkan dukungan positif dari orangtua di setiap tahap tumbuh kembangnya. Karena dengan dukungan yang Bunda maupun Ayah berikan, si si Kecil bisa menjadi pribadi yang riang, aktif, dan mudah bergaul. Saat si si Kecil merasa percaya diri pun, ia akan mudah merasa nyaman dengan dirinya sendiri ataupun orang lain yang ditemuinya. Lalu apa yang bisa Bunda lakukan untuk menambah kepercayaan diri si Kecil ya?

Respon Bunda Bisa Meningkatkan Kepercayaan Diri si Kecil lho!

Yang namanya si Kecil-si Kecil pasti penuh dengan rasa ingin tahu. Kadang jika sedang jalan-jalan, si si Kecil pasti suka deh yang namanya memegang ataupun berjalan berkeliling. Nah, saat itu terjadi, biasanya kita sering memberikan larangan. Memang sih hal tersebut kita lakukan untuk mencegah terjadinya masalah. Namun, ada baiknya, larangan jangan terlalu sering diberikan.

Semakin banyak larangan yang Bunda berikan, secara tidak langsung Bunda menanamkan bahwa apapun yang dikerjakan si si Kecil adalah hal yang kurang tepat. Yang nantinya akan membuatnya tidak berani melakukan hal apapun tanpa perintah dari Bunda. Cobalah berikan ruang untuk si Kecil agar ia bisa bereksplorasi dan Bunda harus lebih waspada dalam mengawasinya. Namun inilah salah satu saat yang tepat, untuk mendukung perkembangan si si Kecil agar ia bisa lebih percaya diri.

Selain dukungan yang positif, Bunda juga bisa memberikan pujian untuk setiap hal yang berhasil dilakukan oleh si si Kecil. Pujian bisa menambah rasa bangga terhadap diri si si Kecil. Ketika ia merasa bangga pada dirinya sendiri, ia akan lebih berani untuk melakukan berbagai hal. Walaupun sepertinya sederhana, tapi hal inilah yang bisa membangun si si Kecil menjadi LIFE – READY, si Kecil yang memiliki kemandirian dan kepercayaan diri.

Nah, sebagai wujud dukungan Bunda dalam membangun rasa percaya diri si Kecil, yuk kita praktekan beberapa ide berikut ini.

"