Parenting

Rayakan Pencapaian Si Buah Hati Usia Prasekolah dengan Kegiatan Berikut Ini

02-02-2021

1.	Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini

Sejak Si Buah Hati lahir hingga ia memasuki usia lima tahun, tentunya banyak sekali perkembangan anak usia dini yang Bunda jalani bersamanya. Mulai dari kata pertama yang diucapkan, bisa berjalan sendiri, hingga bisa mengendarai sepeda sendiri, setiap proses dan pencapaian yang dilakukan Si Buah Hati selalu bisa membuat #BundaBangga. Dari berbagai proses dan pencapaian yang sudah diraih Si Buah Hati, sudahkah Bunda memberikan apresiasi untuknya? Hal ini penting lho, karena apresiasi positif dari Bunda dapat membantu mendukung perkembangan Si Buah Hati.

Menurut penelitian, apresiasi, misalnya dalam bentuk pujian terhadap usaha yang dilakukan anak-anak, membuat mereka menjadi sosok yang akhirnya mampu berusaha lebih baik dalam melakukan sesuatu dan tidak mudah menyerah. Namun tak hanya pujian, ada banyak ide aktivitas yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati di usia lima tahun untuk merayakan berbagai pencapaiannya sekaligus memberikan stimulasi untuk perkembangannya. Yuk, simak beberapa ide aktivitas berikut ini.

 

  1. Memberikan “Piagam Penghargaan”

image

 

Seperti halnya orang dewasa yang mendapat sertifikat ketika berhasil menyelesaikan suatu seminar atau ujian, ketika Si Buah Hati berhasil melewati proses dan mencapai sesuatu, Bunda bisa mengajaknya membuat “Piagam Penghargaan”. Piagam ini bisa dibuat oleh Bunda bersama Si Buah Hati bersama-sama. Tuliskan proses dan pencapaian yang sudah diraih anak di dalam Piagam tersebut dan hias dengan berbagai macam stiker atau gambar Si Buah Hati. Piagam ini bisa Bunda pajang di dinding kamarnya atau di kulkas agar dapat mudah dilihat. Kegiatan menggunting, menggambar dan mewarnai piagam ini tak hanya cocok sebagai bentuk apresiasi kepada Si Buah Hati tapi juga dapat menjadi aktivitas yang menstimulasi kemampuan motorik Si Buah Hati lho, Bunda.  

Baca Juga: 5 Tips Agar Si Buah Hati Mengetahui Potensi Diri

  1. Membuat Album Spesial

image

Memasuki usia Prasekolah, kemampuan kognitif Si Buah Hati tentu semakin berkembang. Biasanya di usia ini Si Buah Hati dapat menggambar dengan lebih baik dan juga terarah. Ia juga sudah mampu menyebutkan beberapa benda-benda yang digunakan sehari-hari termasuk kegunaannya. Agar kreativitasnya makin berkembang, anak-anak membutuhkan motivasi dan dukungan. Salah satu bentuk motivasi dan dukungan yang bisa Bunda berikan adalah dengan membuat album spesial berisi foto-foto atau hasil karya yang pernah dibuat oleh Si Buah Hati. Misalnya jika Si Buah Hati berhasil membuat gambar yang bagus atau sudah bisa mewarnai dengan rapi, Bunda bisa meletakkan hasil karyanya ini ke dalam album tersebut. Dengan begitu Si Buah Hati pun merasa bahwa usahanya diapresiasi oleh orang tua tercinta.

 

  1. Membuat Rekaman Video

image

 

Saat mengalami momen-momen di mana Si Buah Hati mampu mencapai sesuatu yang luar biasa, Bunda juga bisa merayakannya dengan merekam video atau melakukan video call dengan anggota keluarga lainnya. Isi video bisa berupa cerita apa saja pencapaian yang sudah berhasil dilakukan Si Buah Hati. Ketika membuat video, ajaklah Si Buah Hati untuk aktif berbicara ya, Bunda. Misalnya dengan meminta dia menceritakan ulang apa keberhasilan atau pencapaian yang sudah ia lakukan kepada anggota keluarga saat video call berlangsung. Hal ini akan membantu stimulasi kemampuan berbahasa Si Buah Hati karena di antara usia 2 dan 5 tahun, perkembangan bahasa anak meningkat paling pesat. Dari yang hanya memiliki 50-100 kosakata, Si Buah Hati akan memiliki lebih dari 2.000 kosakata. Jadi, dengan mendukungnya untuk aktif bercerita dan bicara, maka kemampuan berbahasa Si Buah Hati pun ikut terstimulasi dengan baik.

Semakin bertambah usia, tentunya semakin banyak perkembangan yang ditunjukkan Si Buah Hati. Selain merayakan setiap proses dan pencapaian di tiap tahap perkembangan anak usia dini, jangan lupa juga untuk bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang. Dengan begitu, Si Buah Hati dapat bebas bereksplorasi untuk meraih lebih banyak pencapaian di masa Prasekolah dan membuat #BundaBangga.

Untuk itu, Bunda juga bisa memberikan DANCOW 5+ Nutritods untuk Si Buah Hati. DANCOW 5+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zink, vitamin C, Vitamin B6, B12, Biotin,  minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

Terus dukung perkembangan anak usia dini dan rayakan setiap proses dan pencapaian yang diraihnya ya, Bunda. Dengan begitu, Si Buah Hati jadi lebih percaya diri untuk terus berusaha mengoptimalkan perkembangannya dan membuat #BundaBangga. Yuk, jadilah Bunda yang selalu bangga akan proses dan pencapaian Si Buah Hati dan bergabunglah menjadi bagian dari Gerakan 1 Juta #BundaBangga.