Parenting

Pok Ame Ame, Sudahkah Mengajak Si Kecil Bernyanyi?

31-08-2018

Pok Ame Ame, Sudahkah Mengajak Si Kecil Bernyanyi?

 

Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan dan menjadi aspek penting dalam budaya. Bahkan sejak anak berada dalam kandungan, banyak orang tua yang sudah memperdengarkan musik yang dipercaya dapat meningkatkan IQ anak. Ketika lahir, tanpa disadari musik sudah menjadi media ekspresi cinta Bunda saat menidurkan, menenangkan, dan bermain dengan si Kecil.

Nah, sudahkah Bunda mengajak si Kecil bernyanyi? Simak manfaat baiknya berikut ini ya.

Perkembangan Kemampuan Bahasa


Manfaat musik dan bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan bahasa sangat dirasakan pada anak-anak yang menginjak tahapan usia 1+. Children’s Musik Workshop menunjukkan penelitian terbaru bahwa anak-anak yang sering berlatih musik atau bernyanyi mengembangkan bagian sisi kiri otak, yang dikenal terlibat dengan pengolahan bahasa.

Bunda juga dapat menggunakan aplikasi StimuLearn yang bisa membantu menstimulasi si Kecil dalam proses belajar dan  bereksplorasi secara interaktif. Pilihkan program Kegiatan Hari Ini, yaitu dengan mengajarkan si Kecil untuk menyanyikan lagu sederhana secara bersama-sama lalu mintalah si Kecil untuk tampil di depan anggota keluarga lainnya.

Membantu Proses Belajar


Sebuah penelitian yang digagas E. Glenn Schellenberg dari University of Toronto di Mississauga dan telah diterbitkan dalam Psychological Science tahun 2004, menemukan peningkatan IQ pada anak berusia 6 tahun yang diberikan stimulasi pelajaran piano dan menyanyi. Ternyata tidak hanya jadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, menyanyi juga efektif membantu proses belajar dan mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil.

Meningkatkan Kemampuan Memori


Menurut Dr Kyle Pruett, professor klinis psikiatri anak di Yale School of Medicine, anak-anak yang sudah terbiasa menyanyi dan bermusik mempunyai keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan penyelesaian masalah dalam bidang arsitektur, matematika, seni, dan komputer. Selain itu, kebiasaan ini juga berkaitan dengan kemampuan memori dan atensi. Anak-anak yang menyukai musik cenderung lebih baik berkonsentrasi dan mengingat informasi yang sudah diberikan.

Membangun Suasana hati


Musik dapat meningkatkan kemampuan si Kecil untuk belajar. Tapi penting untuk dipahami bahwa musik hanya bagian kecil yang dapat meningkatkan kecerdasannya. Butuh stimulasi lainnya untuk mencapai perkembangan yang diinginkan, demikian pernyataan Dr Kyle.
Bernyanyi dapat membuat suasana hati menjadi lebih gembira dan segala sesuatu yang dikerjakan dengan hati senang tentunya akan membawa hasil yang lebih baik. Tidak hanya itu, anak yang terlihat ceria juga lebih mudah menjalin pertemanan sehingga meningkatkan keterampilan sosialnya.

Cukup banyak juga manfaat yang bisa dipetik dari mengenalkan musik dan bernyanyi sejak dini. Tunggu apalagi, Bunda?

"DANCOW Dukung Cinta Bunda untuk Si Kecil"