Nutrisi

Pesan Tersembunyi Ketika si Kecil Pilih-pilih Makanan

06-09-2018

Pesan Tersembunyi Ketika si Kecil Pilih-pilih Makanan

"

Ketika berusia 5 tahun, si Kecil sudah bisa melakukan banyak aktivitas secara mandiri tanpa bantuan orang lain. Ia juga sudah mampu mengekspresikan perasaan dan melakukan tindakan sesuai keinginannya. Di periode ini, mungkin Bunda sering menghadapi si Kecil yang sering pilih-pilih makanan. Karena sudah besar, kadang si Kecil mampu melakukan 'pemberontakan' dengan mengunci mulut rapat-rapat atau kabur saat waktunya makan dengan menu yang tidak sesuai keinginan.

Melihat gejala seperti ini, sebenarnya si Kecil sedang menyampaikan 'pesan tersembunyi' kepada Bunda. Bisa jadi, si Kecil enggan makan makanan tertentu bukanlah karena tidak menghargai usaha besar Bunda untuk memasak, melainkan ada kondisi lain yang menyebabkan itu.

Menurut dr Widodo Judarwanto SpA, yang mengelola klinik kesulitan makan di Jakarta, sebanyak 30% pasiennya yang datang dengan keluhan pemilih menu santapan ternyata mengalami gangguan proses makan di mulut. Tampilan klinis yang terjadi adalah mengalami kesulitan dalam makan bahan makanan yang berserat atau bertekstur kasar seperti sayur maupun empal daging sapi.

Bagi si Kecil, gangguan serupa bisa mengakibatkan kendala mengunyah dan menelan. "Analisis kejadian ini berkembang bahwa apakah anak memang 'tidak mau' makan sayur atau memang 'tidak bisa' makan sayur," tulisnya seperti dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI.

Karena itu, Bunda perlu mencermati kondisi fisik si Kecil yang mungkin menyebabkannya pilih-pilih makanan. Sebab bila penolakan makan ini berlangsung lama, si Kecil bisa mengalami kekurangan nutrisi yang diperlukan dalam proses tumbuh kembangnya. Hingga menyebabkan pertumbuhan yang tidak maksimal.

Bila si Kecil sulit makan, ahli gizi Dr. Laila Hayati, M. Gizi, SpGK menyarankan agar Bunda memberikan makanan yang mudah dicerna tubuh, seperti susu pertumbuhan. "Makanan padat butuh enzim banyak. Kalau susu nggak lama diserap. Sekitar dua jam sudah terserap," kata Laila.

Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan di sela-sela waktu makan utama, asalkan sesuai dengan kebutuhan si Kecil. Untuk menuju berat badan anak yang seimbang, Laila menyarankan agar Bunda memberikan 2 gelas susu setiap hari.

Susu DANCOW EXCELNUTRI+ ada bagi Bunda untuk menjadi alternatif solusi untuk si Kecil yang suka pilih-pilih makanan. Karena DANCOW EXCELNUTRI+ hadir sebagai inovasi untuk bantu pertumbuhan si Kecil optimal.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si kecil #DANCOWLindungi.

"