Permainan untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak 1 Tahun | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Permainan untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak 1 Tahun

07-02-2019

Permainan untuk Mendukung Perkembangan Otak Anak 1 Tahun

 

Di periode keemasan Si Kecil, stimulasi merupakan salah satu kunci untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, termasuk untuk perkembangan otak anak . Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan, yakni melalui mainan. Berikut ini adalah beberapa contoh mainan yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil sebagai stimulasi tumbuh kembang anak :

  1. Permainan Musik yang Dipukul (Xylophone)

Bila tidak memiliki xylophone, Bunda dapat menggunakan panci dan wajan sebagai penggantinya. Permainan ini memungkinkan Si Kecil untuk mempelajari bunyi dan pelan-pelan mengenal hubungan sebab dan akibat (saat benda dipukul akan mengeluarkan bunyi). 

  1. Permainan Kotak Interaktif

Pada usia 1 tahun ke atas, Si Kecil mulai belajar menarik sesuatu. Dalam permainan kotak interaktif ini, biasanya ada berbagai manik yang dapat digeser dari satu ujung ke ujung yang lain. Hal ini dapat mengasah saraf motoriknya. Si Kecil juga dapat menjelajahi bentuk dan tekstur benda berbeda. Permainan ini biasanya hadir dengan beragam bentuk manik, dihiasi oleh tali warna-warni. Tak hanya itu, ada juga gambar hewan atau tumbuhan yang akan membuat Si Kecil penasaran.

  1. Mainan Mobil atau Hewan yang Bisa Ditarik

Si Kecil yang baru mulai berjalan akan tertarik dengan mainan yang bisa diajak berjalan bersama. Jenis mainan ini juga akan menstimulasi Si Kecil untuk berjalan dengan menarik mainan tersebut.

  1. Boneka Pilihan Si Kecil

Pada usia 1 tahun, anak akan mulai mengenal rasa aman dan terancam. Boneka dapat menjadi teman Si Kecil dan membuatnya merasa aman, walau dalam situasi asing sekalipun. Itulah sebabnya banyak anak-anak yang gemar membawa boneka saat tidur maupun bepergian.

  1. Permainan Warna dan Bentuk

Mainan ini memungkinkan Si Kecil untuk mengeksplorasi bentuk dan warna benda dengan memasukkan benda sesuai bentuk atau warnanya. Bunda juga dapat membuatnya sendiri dari kardus bekas yang dipotong sesuai berbagai bentuk bangun datar, seperti kotak, persegi panjang, dan segitiga. Supaya lebih menarik, Bunda juga dapat memberikan warna berbeda untuk setiap bentuk.

  1. Boneka atau Robot yang Disertai Musik

Kini sudah banyak dijual mainan yang terdiri dari banyak tombol dan menghasilkan jenis suara atau musik yang berbeda-beda. Mainan seperti ini dapat menstimulasi Si Kecil dengan beragam banyak aktivitas, yakni ia harus menekan tombol, mendengarkan, serta mengingat tombol yang mengeluarkan suara. Intinya, semakin banyak Si Kecil harus menggunakan pikiran dan tubuh mereka, semakin banyak yang mereka pelajari.

  1. Balok Kayu

Si Kecil yang berusia 1-3 tahun senang membongkar, menyatukan kembali, dan membangun. Mainan balok kayu dapat membantu perkembangan otak anak serta melatih imajinasi Si Kecil dalam membentuk sesuatu. Balok kayu juga dapat mengasah keterampilan memecahkan masalah dan berpikir logis untuk menumpuk balok yang pas.

Saat memilih mainan untuk Si Kecil, ada beberapa hal yang perlu Bunda pertimbangkan agar mainan tersebut dapat mendukung perkembangan otak anak, antara lain usia dan perkembangan Si Kecil saat ini. Jadi, hindari asal memilih mainan, ya.

Selain membutuhkan stimulasi, nutrisi yang seimbang juga penting untuk perkembangan otak Si Kecil. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.

Dengan beragam pilihan permainan yang mengasah perkembangan otak anak di atas, Bunda bisa mendukung tumbuh kembangnya dengan memenuhi asupan nutrisinya dan katakan #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.