Perlukah Anak 1 Tahun Minum Susu Sebagai Asupan Nutrisi Tambahan? | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Perlukah Anak 1 Tahun Minum Susu Sebagai Asupan Nutrisi Tambahan?

01-07-2019

Susu Anak 1 Tahun Dukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Si Kecil sudah semakin besar! Kini, ia telah memasuki usia satu tahun. Seiring pertambahan usianya, makin bertambah juga kebutuhan gizinya. Untuk memastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, tentu Bunda perlu menyiapkannya menu bergizi seimbang. Pertanyaannya, apakah makanan yang Bunda sajikan sudah mencukupi kebutuhan hariannya? Apakah Si Kecil butuh asupan nutrisi tambahan seperti susu anak 1 tahun? Temukan jawabannya di bawah ini, Bunda.

Pentingnya Pemenuhan Nutrisi Anak 1 Tahun

Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, setelah menginjak usia satu tahun, anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari sebelumnya. Misalnya, kebutuhan akan energi dan zat besi, yang penting untuk mendukung kegiatan aktif Si Kecil.

Kebutuhan energi anak satu tahun adalah sekitar 1.125 kkal tiap harinya. Jika asupan energi dalam tubuh Si Kecil tidak mencukupi kebutuhannya, maka energi akan diambil dari cadangan lemak. Hal ini dapat menyebabkan pertambahan berat badannya terhambat atau memiliki bobot tubuh di bawah angka ideal.

Sedangkan, bila kebutuhan zat besi Si Kecil tidak tercukupi, ia berisiko terkena anemia karena produksi sel darah merahnya sedikit. Untuk mencegah hal ini terjadi, Bunda mesti memenuhi kebutuhan asupan zat besi Si Kecil yang berusia satu tahun. Jumlahnya, sekitar 7 mg per hari.

Sumber Nutrisi Tambahan untuk Anak 1 Tahun

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil yang sudah menginjak usia satu tahun? Bunda perlu membuatkan menu makan anak 1 tahun dengan kandungan nutrisi yang seimbang.

Sebagai gambaran, Bunda dapat memberikan Si Kecil daging yang dicincang halus atau telur sebagai sumber protein, kacang-kacangan dan sayuran hijau sebagai sumber zat besi, sayur dan buah berwarna kuning atau oranye sebagai sumber vitamin A dan C; serealia, susu, dan umbi-umbian sebagai sumber karbohidrat.

Di antara waktu makan, Bunda dapat memberikan asupan gizi tambahan Si Kecil dengan memberikan snack yang sehat. Sebagai alternatif menu sehat, Bunda dapat memberikannya beragam sayur dan buah. Menurut informasi dari situs lembaga kesehatan Australia, Better Health Channel, Bunda direkomendasikan memberikan Si Kecil sayuran beraneka warna supaya dapat membantu melengkapi asupan nutrisinya. Selain itu, warna campuran hijau, kuning, oranye, dan merah, juga dapat membuat menu makanan terlihat menarik sehingga Si Kecil mau melahapnya!

Tips Pemberian Makan Si Kecil

Berdasarkan informasi dari situs Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, berikut ini adalah tips memberikan makan anak usia 12-24 bulan:

  • Buatkan makanan seperti yang dikonsumsi oleh Ayah dan Bunda, namun sebaiknya hindari penggunaan penyedap rasa.
  • Gunakan buah dan sayuran segar, dan hindari menyajikan makanan kaleng atau kemasan yang dikhawatirkan mengandung pengawet.
  • Hindari memberikan makanan yang berbumbu tajam, pedas, terlalu asam, atau berlemak, karena berisiko mengganggu kesehatan organ pencernaan.
  • Siapkan finger snack atau makanan yang bisa digenggam seperti biskuit, potongan buah atau sayuran rebus. Jenis makanan ini sekaligus melatih keterampilan Si Kecil dalam menggenggam makanan dan memasukannya ke mulut.

Dari informasi di atas, Bunda sudah mengetahui bahwa pemenuhan nutrisi itu penting untuk tumbuh kembang Si Kecil. Untuk mendukung pemenuhan nutrisi Si Kecil, Bunda dapat memberikannya susu pertumbuhan. Sebab, susu pertumbuhan merupakan sumber nutrisi tambahan yang mengandung protein, vitamin, kalsium, dan energi.

DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu anak 1 tahun ke atas yang dapat membantu melengkapi asupan nutrisi Si Kecil, dengan kandungan vitamin A, C, E; selenium, zink, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus

Dengan membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil, Bunda juga dapat mendukung perlindungan kesehatannya. Jadi, Bunda tak perlu was-was lagi bilang #IyaBoleh saat Si Kecil ingin bereksplorasi.

Yuk Bunda, bantu cukupi asupan nutrisi Si Kecil dengan memasukkan susu anak 1 tahun ke dalam menu hariannya!