Nutrisi

Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-2 Tahun yang Buat Bunda Bangga

04-03-2020

Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Membuat Bunda Bangga

Senang ya Bunda bisa melihat Si Buah Hati sudah bisa mengucapkan sepatah dua patah kata! “Ma ... Mau Mi Cuuu …” Ya, walaupun cara ia melafalkan tiap kalimat masih belum terlalu jelas, tapi cukup bagi Bunda untuk memahami apa yang ia mau. Ini artinya perkembangan bahasa anak usia dini sudah mulai nampak.

 

Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Penting bagi Si Buah Hati

Untuk bisa menjelaskan apa yang diinginkan atau dibutuhkan, Si Buah Hati perlu bisa berbahasa dan mengerti setiap arti kata yang ia ucapkan. Dengan berbahasa, ia juga bisa mengekspresikan diri dan berkomunikasi. Mulai dari melakukan interaksi, pembelajaran hingga pengembangan sosial yang penting untuk masa depannya. Hmm ... bukannya setiap Si Buah Hati terlahir dengan dibekali kemampuan berbahasa?

Memang benar sih Bunda, kalau setiap Si Buah Hati pasti punya kemampuan untuk berbahasa. Namun, juga perlu dirangsang agar Si Buah Hati bisa memiliki kemampuan berbahasa dengan baik dan sesuai perkembangan usianya. Karena, selain gangguan fisik tertentu, faktor stimulasi yang kurang juga memegang peranan dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Misalnya Si Buah Hati yang tak pernah distimulasi, perkembangan bahasanya bisa tertinggal. Padahal kemampuan bahasa ini ia perlukan dalam semua bidang kehidupan lho, Bunda.

Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-2 Tahun

Bunda, di usia 1-2 tahun perkembangan bahasa Si Buah Hati berjalan dengan pesat. Saat ia menginjak usia dua tahun, kosa katanya bertambah menjadi 50-100 kata, dari yang awalnya sekitar 10-15 kata pada usia 18 bulan. Sehingga, jangan heran kalau perkembangan ini bisa membuat Bunda jadi bangga. 

Lalu apa saja sih perkembangan kecerdasan linguistik Si Buah Hati di usia 1-2 tahun? Yuk, simak di bawah ini, Bunda!

  • Menunjukkan minat untuk ikut dalam percakapan dengan meniru atau membuat suara
  • Merespon terhadap pertanyaan ya/tidak disertai dengan gestur tertentu
  • Mampu menunjuk anggota badan yang ditanyakan
  • Menunjuk satu gambar

Untuk mendukung perkembangan Si Buah Hati di tahapan usia toddler ini, Bunda perlu memastikan ia mendapatkan asupan gizi yang cukup dari beragam makanan sehat.

 

Inovasi baru dari DANCOW 1+ dengan Nutritods, susu pertumbuhan yang diformulasi untuk Anak Indonesia usia 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3 kali lebih banyak vitamin D dibandingkan formula sebelumnya, Lactobacillus rhamnosus & serat inulin, dapat membantu lengkapi asupan gizi Si Buah Hati dan melindungi kesehatannya saat ia bereksplorasi.

 

Bagaimana Bunda, apakah Si Buah Hati sudah menunjukkan perkembangan bahasa anak usia dini seperti yang sudah disebutkan di atas? Selain bahasa, tentunya masih banyak fakta perkembangan lain yang membuat Bunda bangga pada Si Buah Hati. Yuk, temukan fakta toddler lainnya dari di DANCOW Parenting Center.

#ToddlerExpert #PreschoolExpert #Nutritods101 #IyaBoleh.