Nutrisi

Perkembangan Anak 2 Tahun: 5 Nutrisi Penting untuk Perkembangan Motoriknya

06-07-2020

Pentingnya nutrisi untuk perkembangan anak 2 tahun

Untuk mengoptimalkan perkembangan anak 2 tahun, stimulasi memang menjadi salah satu faktor penting. Namun selain rutin memberikan stimulasi, salah satu faktor yang juga tak boleh terlewat adalah nutrisi. Asupan nutrisi Si Buah Hati yang sudah berusia dua tahun tentu harus disesuaikan dengan kebutuhannya agar tumbuh kembangnya semakin optimal.

 

 

Memasuki usia 2 tahun, pertumbuhan dan perkembangan anak akan semakin bertambah pesat. Mulai dari fisik, hingga kemampuan yang dimilikinya. Bunda akan melihat perkembangan yang cukup signifikan pada si Buah Hati. Salah satu perkembangan yang cukup terlihat adalah dari sisi kemampuan motorik Si Buah Hati. Jika sebelumnya ia baru bisa berjalan, maka di usia 2 tahun ini Si Buah Hati sudah bisa berlari dengan koordinasi yang lebih baik. Nah, memasuki usia 2 tahun ini, selain stimulasi ada juga beberapa nutrisi penting yang sebaiknya diberikan kepada si Buah Hati agar perkembangan motoriknya jadi lebih optimal. Yuk, simak apa saja nutrisi bermanfaat yang penting untuk kemampuan motorik Si Buah Hati.

 

  1. Protein

Agar Si Buah Hati dapat aktif bergerak, tentu otot-otot di tubuhnya juga harus kuat . Inilah pentingnya memberi asupan protein pada Si Buah Hati, yaitu untuk membangun kekuatan otot. Karena sebanyak 90% kandungan protein dalam makanan diserap tubuh untuk digunakan membangun dan memperbaiki otot yang rusak.[1] Beberapa makanan sumber protein yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati antara lain: ikan, telur, keju, tahu, brokoli, dan kacang almond.
 

  1. Zink

Zink berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi saraf yang gunanya mengatur koordinasi gerakan tubuh, misalnya koordinasi antara tangan dan kaki saat si Buah Hati bermain. Jika kekurangan asupan zink, hubungan saraf membutuhkan waktu lama untuk merespons sehingga fungsi motorik juga bisa terganggu. Beberapa makanan sumber zink yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati antara lain: daging merah, kentang, bawang putih, dan jamur.
 

  1. Zat Besi

Zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin yang akan membawa oksigen sehingga ketika tubuh kekurangan zat besi, maka akan mengakibatkan anemia serta stamina tubuh menurun. Jika Si Buah Hati kekurangan asupan zat besi, maka perkembangan motoriknya bisa saja terhambat dan terganggu. Beberapa makanan sumber zat besi yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati antara lain: hati ayam, salmon, udang, kacang merah dan daging sapi tanpa lemak.
 

  1. Vitamin D

Selain otot, salah satu komponen tubuh lain yang penting dalam mendukung perkembangan motorik Si Buah Hati adalah tulang. Ini lah alasan mengapa vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting agar perkembangan motorik anak optimal. Vitamin D mendukung pertumbuhan tulang sehingga Si Buah Hati dapat aktif bereksplorasi dan mengasah kemampuan motoriknya. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D yang bisa Bunda berikan untuk Si Buah Hati antara lain: kuning telur, jamur kancing, salmon, tuna dan sarden.

 

  1. Kalsium

Peranan kalsium juga penting untuk membantu perkembangan motorik Si Buah Hati menjadi optimal. Jika kekurangan kalsium proses pertumbuhan Si Buah Hati bisa terganggu, misalnya saja tulang Si Buah Hati menjadi mudah keropos dan patah. Hal ini tentu akan mempengaruhi kemampuan motorik Si Buah Hati di masa depan. Untuk mencegah Si Buah Hati kekurangan kalsium, Bunda bisa memberikan ikan sarden, ikan salmon, brokoli, bayam, atau tahu dalam menu makanannya sehari-hari.

 

Selain nutrisi tadi, untuk mengoptimalkan perkembangan anak 2 tahun Bunda juga bisa melengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW 1+ Nutritods  #ToddlerExpert, susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun. Dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3X lebih banyak vitamin D , protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta serat pangan inulin, DANCOW 1+ Nutritods membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Dilengkapi dengan dukungan manfaat Lactobacillus rhamnosus, DANCOW 1+ Nutritods membantu memberikan perlindungan kesehatan saat Si Buah Hati aktif bereksplorasi.

 

Bunda juga bisa memantau apakah tumbuh kembang Si Buah Hati sudah sesuai dengan Pantau juga perkembangan anak 2 tahun  lewat Nutritods 101 Monitor. Di Nutritods 101 Monitor Bunda bisa mengecek apakah perkembangan motorik Si Buah Hati sudah sesuai dengan usianya. Selain itu, Bunda juga akan mendapatkan inspirasi aktivitas yang bisa dilakukan untuk menstimulasi perkembangan motorik Si Buah Hati di usia 2 tahun.