Nutrisi

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Agar Si Buah Hati Tumbuh Optimal

01-02-2021

Tumbuh kembang anak optimal perlu nutrisi lengkap

Selain stimulasi yang tepat, nutrisi yang lengkap dan seimbang juga membantu tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal. Apalagi di awal masa Toddler, Si Buah Hati mulai menunjukkan kemampuan motoriknya. Sebagian besar anak mulai bisa berjalan sendiri di usia 12-15 bulan, selain itu mereka juga mulai bisa merangkak naik tangga dan mengacak-acak kotak mainannya. Semakin bertambah usianya, ia akan semakin lincah dan lebih seimbang saat berjalan atau berlari.  

 

Untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal dan membantu mengasah kemampuan motoriknya, Bunda perlu mendukung Si Buah Hati agar tumbuh sesuai usianya dan aktif bergerak. Agar Si Buah Hati tumbuh sesuai usianya, ia butuh konsumsi makanan yang bernutrisi. Salah satu nutrisi yang penting untuk dikonsumsi Si Buah Hati adalah mikronutrien. Menurut definisi dari UNICEF, mikronutrien, yang juga dikenal sebagai vitamin dan mineral, merupakan zat makanan penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit namun penting untuk kesehatan otak, tulang dan tubuh.  Yuk, simak apa saja vitamin dan mineral yang dapat membantu Si Buah Hati di usia satu tahun tumbuh sesuai usianya dan aktif bergerak.

 

Baca juga: Semakin Besar Usia Anak, Semakin Besar Kebutuhan Gizinya

 

 

  1. Vitamin D

image

Vitamin yang bisa ditemukan dari paparan sinar matahari atau makanan seperti daging merah, ikan salmon dan kuning telur ini juga bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati. Vitamin D membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membantu mendorong fungsi sel-sel kekebalan tubuh. Sayangnya menurut penelitian di tahun 2012, anak-anak merupakan kelompok yang rentan mengalami kekurangan vitamin D. Menurut studi lainnya, kekurangan vitamin D memiliki hubungan dengan mudahnya terkena penyakit infeksi, penyakit autoimun hingga alergi. Untuk mencegah Si Buah Hati kekurangan vitamin D, pastikan Si Buah hati mendapatkan asupan vitamin D yang cukup setiap hari ya, Bunda.

 

  1. Vitamin C

image

Vitamin yang satu ini sudah dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga  bertindak sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas. Jika kekurangan vitamin C, maka kekebalan tubuh akan terganggu dan jadi lebih rentan terkena penyakit infeksi. Untuk mendapatkan vitamin C bagi Si Buah Hati, Bunda bisa memberikan buah dan sayuran seperti jeruk, semangka, pepaya, stroberi, mangga, brokoli, dan kol.

 

  1. Zink

image

 

Zink merupakan salah satu nutrisi penting yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh, mikronutrien yang satu ini mengambil peran dalam tahap paling awal sistem respon imun. Menurut penelitian yang ada, kekurangan zink dalam jangka panjang akibat asupan nutrisi yang kurang dapat menyebabkan penyakit imunologis atau autoimun. Adapun beberapa sumber makanan yang mengandung zink antara lain: tiram, daging merah dan unggas, kacang-kacangan, kepiting, dan juga produk olahan susu.

  1. Zat Besi

image

Zat besi adalah salah satu mineral yang juga bisa membantu pertumbuhan optimal Si Buah Hati.  Menurut penelitian, kekurangan zat besi pada anak-anak bisa berdampak pada banyak hal, mulai dari masalah berat badan, mudah terkena infeksi saluran pernapasan dan pencernaan, sampai gangguan pada kemampuan kognitif dan motorik. Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan zat besi antara lain: daging sapi, ikan, bayam, daging ayam tanpa kulit, hati, telur, dan kacang-kacangan.

 

  1. Probiotik & Prebiotik

image

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu membawa manfaat baik pada tubuh, sedangkan prebiotik adalah senyawa dalam makanan yang berfungsi sebagai asupan bagi mikroorganisme di saluran pencernaan sehingga bermanfaat baik bagi tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan Saveedra (2007), saluran cerna membutuhkan probiotik (bakteri baik) untuk mengembangkan pertahanan kekebalan serta respon imun yang sesuai sehingga akhirnya dapat mendukung kesehatan tubuh. Dari berbagai jenis probiotik yang ada, probiotik yang banyak diteliti manfaatnya untuk tubuh manusia adalah Lactobacillus Rhamnosus. Beberapa manfaat baik Lactobacillus rhamnosus antara lain mencegah diare dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bakteri baik ini biasanya ditambahkan ke dalam produk olahan susu untuk meningkatkan kadar probiotik makanan.    

Untuk prebiotik, salah satu senyawa yang bermanfaat bagi daya tahan tubuh Si Buah Hati adalah inulin. Konsumsi inulin akan membantu meningkatkan penyerapan mineral serta merangsang sistem imun tubuh. Beberapa makanan yang menjadi sumber alami inulin antara lain: asparagus, bawang putih, pisang, dan bawang bombay.

.

 

Untuk bisa mendukung Si Buah Hati agar mampu mengasah kemampuan motoriknya, jangan lupa kriteria makanan sehat yang harus Bunda berikan sebaiknya mengandung mikronutrien yang sudah dibahas sebelumya, ya. Ini merupakan salah satu cara Bunda untuk bantu #LindungiLangkahEkpslorasi Si Buah Hati, sehingga ia bisa bebas bereksplorasi sesuka hatinya.

 

Bunda juga bisa memberikan Si Buah Hati DANCOW 1+ Nutritods. DANCOW 1+ Nutritods adalah susu pertumbuhan yang diformulasi untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi kalsium & protein, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan inulin, vitamin C, vitamin D, zink, serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Bunda ingin tahu nutrisi apa lagi yang sebaiknya dikonsumsi agar tumbuh kembang anak optimal? Cek info lengkapnya di sini, ya! Jangan lupa, selain nutrisi yang seimbang dan lengkap, berikan juga stimulasi sesuai usia agar kemampuan motorik Si Buah Hati semakin terasah, ya.