Nutrisi

Pentingnya Susu Pertumbuhan untuk Tumbuh Kembang Anak

07-02-2019

Susu Pertumbuhan untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak yang Optimal

Dua tahun pertama merupakan masa yang krusial untuk tumbuh kembang anak . Jika asupan nutrisinya tidak tercukupi, Si Kecil berisiko mengalami stunting, yakni kekurangan nutrisi yang biasanya ditandai dengan tinggi badan di bawah ideal anak seusianya.mUntuk mencegahnya, Bunda perlu memastikan Si Kecil mendapatkan asupan gizi yang cukup.


Selain mengonsumsi makanan bergizi, Bunda dapat membantu melengkapi asupan nutrisi Si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan. Berikut ini adalah beberapa kandungan nutrisi di dalam susu pertumbuhan yang dapat mendukung pertumbuhan tulang sekaligus pertumbuhan gigi anak.

  1. Kalsium

Ini merupakan mineral yang dikenal untuk pertumbuhan tulang yang sehat. Asupan kalsium bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, juga produk susu. Untuk membantu melengkapi kebutuhan kalsium, Si Kecil disarankan mengonsumsi sekitar dua gelas susu setiap harinya.

  1. Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, karena dapat membantu penyerapan kalsium ke dalam tubuh. Jenis vitamin ini dapat diperoleh dari beragam jenis makanan, seperti ikan dan telur. Meski demikian, pemenuhan vitamin D ini juga bisa dibantu dengan memberikan Si Kecil susu pertumbuhan.

  1. Magnesium

Steven Abrams yang merupakan seorang professor pediatrics di Baylor College of Medicine di Houston, mengatakan bahwa magnesium juga dibutuhkan sebagai elemen penting bagi kesehatan tulang Si Kecil. Beberapa makanan yang kaya akan magnesium di antaranya beras merah, roti gandum, kacang mete, pisang, dan alpukat . Untuk menjaga kesehatan tulang, Si Kecil yang berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 60 mg magnesium setiap harinya.

 

DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil. Asupan gizi yang cukup dapat mendukung perlindungan kesehatannya, sehingga Bunda bisa lebih percaya diri bilang #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.

Nah, beberapa nutrisi di atas dapat membantu Bunda mendukung pertumbuhan tulang Si Kecil. Perlu Bunda ketahui, selain genetik, faktor kecukupan nutrisi juga dapat memegang pengaruh besar terhadap pertumbuhan tulang Si Kecil dan tumbuh kembang anak. Peneliti dari University of Michigan, menemukan fakta bahwa nutrisi memiliki dampak yang besar pada masa dan kekuatan tulang, terutama asupan mineral seperti kalsium dan fosfor. Menurut David Kohn, salah seorang penelitinya, konsumsi jangka panjang dari mineral dapat bermanfaat mencegah pengeroposan tulang dan menambah kekuatan tulang seiring bertambahnya usia.

Yuk, dukung tumbuh kembang anak dengan memberikan asupan makanan yang dapat membantu optimalkan pertumbuhan tulang Si Kecil!