Nutrisi

Pentingnya Kesehatan Saluran Pencernaan untuk Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati

01-04-2020

Kesehatan Anak Dipengaruhi Kondisi Pencernaannya

Dalam proses tumbuh kembang Si Buah Hati, masa toddler (usia 1-3 tahun) adalah momen yang sangat penting. Di tahapan usia ini, Si Buah Hati berada dalam masa perkembangan yang pesat. Ia belajar berjalan, berbicara, dan berinteraksi dengan sekelilingnya. Inilah masa-masa Si Buah Hati yang penuh keingintahuan. Ia mulai aktif mencoba dan mengeksplorasi segala macam hal. Namun, aktivitas eksplorasi toddler ini terkadang dapat menimbulkan risiko terhadap kesehatan anak.

Risiko Penyakit di Masa Toddler

Saat ingin mencoba sesuatu atau melampiaskan rasa ingin tahu, Si Buah Hati melakukan apa saja tanpa memikirkan kesehatan atau kebersihannya. Misalkan kebersihan makanan, tangan, dan kaki. Bahkan Bunda pasti sering mengalami, bagaimana Si Buah Hati memasukkan apa saja ke dalam mulutnya atau mengambil sesuatu dengan tangan yang kotor. Bila saja Bunda lengah memperhatikan hal tersebut, bisa jadi Si Buah Hati dapat mengalami gangguan kesehatan anak, seperti gangguan pada saluran pencernaan.

Bila jatuh sakit karena pencernaan terganggu, biasanya Si Buah Hati enggan makan, menangis, atau uring-uringan karena menahan sakit perutnya. Terlebih bila Si Buah Hati mengalami muntah dan diare. Karena itu Bunda, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Si Buah Hati. Karena sistem pencernaan berperan penting dalam mempertahankan kesehatan. Bila saja saluran cerna Si Buah Hati bermasalah, dapat meningkatkan risiko timbulnya berbagai macam penyakit seperti diare, demam, batuk, pilek, dan alergi.

Saluran Pencernaan Sehat, Daya Tahan Tubuh Kuat

Tahukah Bunda, faktanya 70-80% sistem daya tahan tubuh Si Buah Hati berada di saluran pencernaannya. Selain berperan dalam proses mencerna makanan menjadi zat gizi yang diserap oleh tubuh, saluran cerna juga memiliki peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Jadi, bila Bunda dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan Si Buah Hati, Bunda dapat mendukungnya agar tidak mudah sakit.

Kondisi kesehatan saluran pencernaan berhubungan asupan gizi yang dikonsumsi oleh Si Buah Hati. Untuk itu, ketika memasuki masa toddler, Si Buah Hati butuh mengonsumsi makanan anak 1 tahun dengan kandungan gizi yang cukup.

Inovasi baru dari DANCOW 1+ dengan Nutritods #ToddlerExpert, adalah susu pertumbuhan yang diformulasi khusus untuk anak Indonesia usia Toddler 1-3 tahun, dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, 3X lebih banyak vitamin D dibandingkan dengan formula sebelumnya, protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati.

Semoga informasi tentang kesehatan anak ini dapat membuat Bunda jadi lebih memperhatikan kondisi kesehatan saluran pencernaannya. Mau tahu, fakta lain seputar pentingnya masa toddler? Bunda bisa dapatkan infonya di DANCOW Parenting Center #Nutritods101.