Parenting

Pastikan Bahan Makanan Higienis dengan Melakukan 5 Hal Ini Saat Belanja

12-11-2020

Belanja Bahan Makanan Agar Keluarga Sehat

Pergi berbelanja kebutuhan makanan keluarga sehat di situasi seperti sekarang ini, terkadang membuat Bunda jadi was-was ya. Belum lagi kekhawatiran apakah bahan makan yang ingin dibeli itu aman dari paparan kuman penyebab penyakit. Sedangkan, Bunda tentu ingin selalu yakin bahwa bahan makanan yang dibeli dan dikonsumsi sudah aman dan higienis, demi menjaga kesehatan Si Buah Hati dan keluarga di rumah.

Sebenarnya Bunda tak perlu khawatir atau was-was saat berbelanja karena ada langkah pencegahan yang bisa dilakukan supaya bahan makanan yang Bunda beli minim paparan kuman penyakit. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Bunda lakukan saat berbelanja untuk memastikan bahan makanan yang dibeli aman dari kuman dan bakteri.

  1. Cuci tangan Sebelum Masuk ke Tempat Belanja

Terapkan kebiasaan hidup sehat saat berbelanja: selalu cuci tangan Bunda hingga bersih sebelum memasuki tempat belanja. Ini akan memantu mengurangi risiko penyebaran kuman penyakit dari tangan Bunda ke bahan makan yang dipegang selama berbelanja. Jika tak bisa cuci tangan, minimal bawalah selalu hand sanitizer untuk membersihkan tangan Bunda, ya. Jangan lupa untuk selalu menggunakan masker dan menjaga jarak dengan pembeli lain, saat Bunda sedang berbelanja.

 

  1. Mulai dengan Mencari Bahan Makanan dalam Kemasan Lebih Dulu

1

Saat berbelanja, mulailah dengan mencari dan membeli bahan makanan yang sudah berada dalam kemasan. Setelah itu barulah Bunda mencari dan membeli bahan makanan yang segar seperti daging, ikan, sayur, buah. Dengan begini, bahan makanan segar tidak akan terlalu lama berada di luar freezer sehingga meminimalkan kuman penyakit hinggap dan berkembang biak.

 

  1. Pilih Kemasan yang Tidak Rusak

Untuk memastikan makanan yang dikonsumsi keluarga sehat, selain memeriksa tanggal kadaluwarsa periksa juga kondisi kemasan bahan makanan yang Bunda beli. Pastikan kemasan masih utuh, tidak rusak, dan tertutup rapat. Kemasan yang rusak dikhawatirkan isinya atau kandungan nutrisi di dalamnya pun bisa saja sudah rusak.

 

  1. Pisahkan Kantong Belanjaan

1

Saat membawa belanjaan, sebaiknya Bunda memisahkan kantong belanjaan untuk buah, sayur, dan daging. Ini akan membantu meminimalkan penyebaran jika ada kuman yang mungkin menempel pada salah satu bahan makanan yang sudah dibeli.

 

  1. Bersihkan Barang Belanjaan

Sebagai langkah tambahan untuk memastikan bahan makanan yang dikonsumsi Si Buah Hati tercinta, jangan lupa untuk membersihkan sayur dan buah yang telah Bunda beli sebelum dimakan atau dimasak. Untuk makanan kaleng, Bunda bisa membersihkan bagian atas kaleng dengan cara mengelapnya sebelum membuka dan mengeluarkan isinya.

 

Baca juga: Inspirasi Menu Finger Food Sehat & Praktis untuk Si Buah Hati

Selain memastikan bahan makanan terjaga kehigienisannya dengan melakukan tips berbelanja di atas, pastikan juga Si Buah Hati terlindungi kesehatannya dari dalam. Jangan lupa untuk selalu memberikan Si Buah Hati asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang tiap hari agar pertumbuhan kesehatannya selalu terjaga dan optimal.

DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung  eksplorasi masa Prasekolah Si Buah Hati usia 3-5 tahun  #PreschoolExpert.

9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 3+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*. Mau tau lebih lengkap apa kata para Bunda setelah memberikan buah hatinya DANCOW Nutritods? Yuk, simak di sini. Sebagai #PartnerBunda, DANCOW Nutritods akan setia membantu keluarga sehat Bunda untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.

 

*Berdasarkan hasil uji coba 369 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020