Nutrisi

Panduan Menu untuk Keluarga Sehat & Daya Tahan Tubuh Anak yang Kuat

24-11-2020

menu keluarga sehat

Saat menyajikan makanan di rumah, sudahkah Bunda menyajikan menu keluarga sehat untuk mendukung daya tahan Si Buah Hati? Agar tumbuh kembangnya berjalan dengan optimal, daya tahan tubuh Si Buah Hati harus selalu terjaga.

Apakah Bunda sudah yakin kalau menu yang disajikan setiap hari sudah mengandung nutrisi yang lengkap dan seimbang untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak? Sudahkah cara memasak, menyiapkan, dan menyajikannya dilakukan dengan benar? Yuk, cek dulu panduan menyajikan menu makanan sehat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh anak berikut ini.

  1. Pastikan Menu Harian Mengandung Nutrisi yang Dibutuhkan

1
Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, selain membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, serat, anak-anak juga membutuhkan vitamin dan mineral. Pastikan asupan nutrisi yang dikonsumsi Si Buah Hati tiap hari memang mengandung nutrisi yang baik untuk daya tahan tubuhnya. Beberapa nutrisi yang penting untuk daya tahan tubuh Si Buah Hati antara lain vitamin A yang bisa didapatkan dari wortel, bayam, pepaya dan keju; vitamin C yang bisa didapatkan dari jeruk, mangga, paprika dan tomat; serta vitamin D yang bisa didapat dari ikan salmon, sarden, tuna, dan minyak ikan kod.

 

  1. Selain Lengkap, Pastikan Nutrisinya Juga Seimbang

Menurut Kementerian Kesehatan RI, panduan untuk menyajikan menu keluarga sehat adalah: dalam satu piring harus terdiri dari sayur, buah, makanan pokok, dan lauk. Jumlah yang ideal yaitu: sayur dan buah sebanyak 50% dari piring dengan jumlah sayur lebih banyak dari buah, serta sisa 50% terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk dengan jumlah makanan pokok lebih banyak dari lauk pauk.

 

  1. Cuci Buah dan Sayur yang Akan Dimasak & Dimakan

1

Menu makanan yang dapat membantu daya tahan tubuh Si Buah Hati tentunya harus dipersiapkan dengan bersih. Cucilah sayur dan buah dengan baik dan benar untuk mengurangi risiko Si Buah Hati terpapar kuman penyakit dari makanan.

 

  1. Jaga Nutrisi yang Ada Dalam Makanan

Untuk mendapatkan gizi yang lengkap dan seimbang, pastikan juga cara Bunda mengolah makanan tidak menghilangkan nutrisi pada makanan. Misalnya dibanding menggoreng, sebaiknya buatlah lauk tumisan. Jangan rebus sayur terlalu lama karena kandungan nutrisinya bisa hilang.

 

Baca Juga: Berikut Ini Tips Mengolah Sayur Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

 

  1. Cuci Tangan dan Perlengkapan Masak

Sebelum mulai memasak, cucilah tangan Bunda dan pastikan juga semua perlengkapan masak seperti pisau, papan potong, panci dan sebagainya sudah higienis. Ini juga penting untuk menghindari bahan masakan yang sudah bersih terkontaminasi bakteri atau kuman dari peralatan masak atau tangan yang kurang bersih.

 

DANCOW 3+ Nutritods dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus. Bantu dukung  eksplorasi  masa Prasekolah Si Buah Hati usia  3-5 tahun  #PreschoolExpert.

9 dari 10 Ibu berpendapat, DANCOW 3+ Nutritods bantu anak saya terlihat aktif*. Yuk, simak apa kata para Bunda setelah memberikan DANCOW Nutritods kepada buah hatinya di sini. Sebagai #PartnerBunda DANCOW Nutritods membantu Bunda untuk #TerusLindungiEksplorasi Si Buah Hati.

Pastikan Bunda menyajikan menu keluarga sehat dengan gizi yang seimbang setiap hari untuk mendukung perkembangan kesehatan Si Buah Hati, ya. Dengan asupan gizi seimbang dan lengkap serta daya tahan tubuh yang kuat, Si Buah Hati bisa bebas bereksplorasi sesuka hati!

*Berdasarkan hasil uji coba 369 anggota Home Tester Club Indonesia April 2020