Parenting

Panduan dan Manfaat Main Gadget untuk Anak Cerdas

12-09-2018

Panduan dan Manfaat Main Gadget untuk Anak Cerdas

"

Sebagai orangtua masa kini, Bunda dan Ayah pasti paham sekali beda anak sekarang dibandingkan zaman dulu. Kini mereka sungguh fasih memainkan gadget, bahkan eyangnya saja kalah. Malah mungkin Bunda dibuat terkejut-kejut dengan kecepatan belajar si Kecil mempelajari smartphone. Bahkan beberapa anak memiliki ketertarikan besar terhadap gadget, hingga sulit lepas darinya.

Hal itu mungkin membuat Bunda cemas mengenalkan si Kecil pada gadget. Namun menurut American Academy of Pediatrics (AAP) yang dikutip Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pati, anak-anak bisa aman dari dampak negatif meski lama bermain dengan gadget atau menonton TV. Asal Bunda dan Ayah menerapkan aturan, di antaranya:

1. Jangan melarang bermain gadget

Pada umumnya, orang tidak suka dilarang. Apalagi si Kecil yang rasa ingin tahunya tengah memuncak. Bila saja Bunda melarangnya bermain gadget, bisa jadi ia akan tetap memainkannya sambil sembunyi-sembunyi. Karena itu, lebih baik Bunda dan Ayah mengizinkan ia bermain gadget asal sesuai dengan usianya.

2. Waktu main

Si Kecil bisa menjadi terobsesi atau kecanduan akan gadget karena waktu bermainnya yang terlalu panjang. Di usia 5 tahun, sebaiknya Bunda dan Ayah membatasinya bermain smartphone, laptop, atau tablet, selama satu jam sehari saja. Dengan begitu, ia tidak berlarut-laruh di depan layar gadget dan memiliki waktu untuk melakukan permainan fisik.

3. Mendampingi si Kecil bermain gadget

Agar tak kebablasan, sebaiknya Bunda atau Ayah mendampingi si Kecil kala bermain gadget. Selain untuk memantau pilihan permainannya, hal ini bisa memperkuat ikatan antara orangtua dan anak. Sehingga terjalin komunikasi yang baik antara keduanya.

Lalu apa saja manfaat bermain gadget untuk si Kecil. Menurut Derry Iswidharmanjaya dalam buku Bila Si Kecil Bermain Gadget, setidaknya ada enam keuntungan:

1. Merangsang si Kecil mengikuti perkembangan teknologi

Bila si Kecil mempunyai minat terhadap pemrogaman atau internet, bermain gagdet bisa menjadi awal perkenalannya dengan dunia itu. Selain itu, ia juga bisa lebih mengikuti perkembangan teknologi dan tidak gagap teknologi di kemudian hari. Karena itu, Bunda perlu membimbingnya untuk bermain permainan edukatif seperti Stimulearn, aplikasi game dan DANCOW.

2. Mengasah kemampuan berbahasa

Ketika bermain gadget, si Kecil akan menemukan berbagai bahasa baru. Apalagi kebanyakan game menggunakan instruksi dalam bahasa asing, seperti Inggris. Di momen inilah ia akan mempelajari dan menyerap bahasa baru. Dengan dampingan Bunda dan Ayah, ia bisa mengembangkan kecerdasan bahasanya melalui game.

3. Mengurangi stres

Dalam game, biasanya si Kecil tidak hanya bermain saja. Ia juga mendengarkan musik dari permainan itu. Dalam tahapan ini, otaknya pun mengalami rileksasi. Hingga mampu mengurangi stres setelah lelah belajar.

Dancow bantu lindungi eksplorasi si Kecil #DANCOWLindungi

"