Stimulasi

Optimalkan Daya Ingat Si Kecil dengan Menggambar

06-09-2018

Optimalkan Daya Ingat Si Kecil dengan Menggambar

"

Golden Age merupakan kurun usia (0-5 tahun) terpenting dalam kehidupan manusia. Ini adalah masa-masa di mana kemampuan otak anak menyerap informasi sangat tinggi. Berbagai informasi yang diterima akan berdampak pada si Kecil di kemudian hari. Di masa emas ini peran Bunda dituntut untuk lebih aktif mendidik dan mengoptimalkan kecerdasan anak secara intelektual, emosional, dan spiritual.

Lantas bagaimana caranya Bunda mengoptimalkan Golden Age si Kecil terutama di usia 1-3 tahun?

Tidak hanya asupan bergizi yang dapat Bunda berikan untuk si Kecil dalam mengoptimalkan kecerdasannya. Pasalnya tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Maka, Bunda pun dapat memberikan stimulasi untuk mengasah kecerdasan si Kecil sejak usia 1-3 tahun, salah satunya dengan kegiatan menggambar.

Baca juga: 4 Aktivitas Simpel Rangsang Kecerdasan Si Kecil

Menggambar dapat melatih dan mengembangkan daya ingat si Kecil. Sebagaimana diketahui daya ingat terbagi dalam lima jenis, yaitu visual, auditif, olfactory, kinestetik, dan semantik. Proses menggambar menjadi ajang pembelajaran bagi si Kecil untuk mengungkapkan apa saja yang ada di pikirannya. Ia akan mengingat kembali benda yang telah dilihatnya kemudian menuangkan imajinasinya melalui gambar.

Tentunya kegiatan menggambar juga melatih kemampuan konsentrasi si Kecil dalam memvisualisasikan imajinasinya ke sebuah gambar. Saat si Kecil mengekspresikan diri dengan menggambar, maka kemampuan motoriknya, baik kasar maupun halus, ikut berkembang. Si Kecil mengoordinasikan otot-otot jari jemarinya untuk memegang alat gambar.

Untuk memudahkan Bunda dalam kegiatan menggambar, maka praktikkan dalam kegiatan sehari-hari seperti mengajak si Kecil untuk bermain di dapur. Siapkan sayuran, buah-buahan, maupun peralatan masak di hadapan si Kecil.

Karena anak pada usia 2-3 tahun sudah mengenal warna serta sudah mampu menyebutkan nama dan kegunaan benda-benda yang sering dilihatnya, maka Bunda dianjurkan bercerita pada si Kecil nama dan fungsi benda-benda yang ada di hadapannya. Sambil bercerita, Bunda dapat menunjukkan bendanya. Secara perlahan, proses ini melatih daya ingat si Kecil secara visual maupun semantik.

Baca juga: Pintar Berbahasa Lewat Beragam Benda

Supaya kegiatan menggambar berlangsung lebih menarik, kenalkan si Kecil pada peralatan gambar seperti krayon, pensil warna, spidol, maupun cat poster. Sediakan kertas maupun kain polos sebagai media untuk menggambar. Lalu berikan kebebasan pada si Kecil memilih benda yang akan digambarnya.

Untuk merangsang minat belajarnya, Bunda pun boleh ikut menggambar di samping si Kecil. Berikan semangat pada si Kecil di sela-sela menggambar. Jika ia tampak bingung, Bunda bisa memintanya untuk meraba atau memegang kembali benda yang hendak digambarnya. Tak perlu memberi label pada gambar yang dihasilkan oleh si Kecil, biarkan ia memberi makna pada gambarnya.

Berikan apresiasi berupa pujian maupun pelukan seusai si Kecil menggambar. Cukup mudah dan sederhana bukan untuk dilakukan bersama di rumah? Yuk Bunda ajak si Kecil bermain di dapur sambil menggambar. Banyak manfaatnya untuk mengembangkan kemampuan daya ingat si Kecil.

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi

Baca juga: Corat-coret Bantu Stimulasi Kemampuan Psikomotorik, Memori, dan Perhatian

"