Nutrisi

Nutrisi dalam Susu Dukung Perlindungan Kesehatan Si Kecil

10-01-2019

Manfaat Susu untuk Anak Agar Ia Bebas Bereksplorasi

Salah satu manfaat susu untuk anak adalah sebagai nutrisi tambahan bagi Si Kecil, sehingga dapat membantu tumbuh kembangnya dengan optimal. Namun, tahukah Bunda? Susu pertumbuhan juga berkontribusi dalam mendukung perlindungan kesehatan Si Kecil. Apa saja itu? Ketahui informasinya di sini.

Nutrisi untuk Bantu Lindungi Kesehatan Si Kecil

Untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, tentu Bunda perlu mendukung perlindungan kesehatannya. Bagaimana caranya? Pastikan Si Kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dari beragam makanan yang bergizi seimbang. Salah satunya adalah susu pertumbuhan anak, karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat mendukung daya tahan tubuh Si Kecil.

  • Vitamin A

Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil dan mendukung daya tahan tubuhnya. Menurut data yang dihimpun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dalam Riset Kesehatan Dasar 2013, balita berisiko mengalami kekurangan asupan vitamin A. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan memberikan kapsul vitamin A, seperti yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI. Selain itu, supaya kebutuhan vitamin A Si Kecil tercukupi, Bunda juga disarankan memberikannya makanan  di antaranya seperti hati ayam, ikan, telur, keju, alpukat, pepaya, mangga, wortel, sayuran berwarna hijau (contohnya bayam), dan juga susu pertumbuhan. 

  • Vitamin C

Pastinya Bunda sudah tidak asing dengan vitamin yang satu ini. Fungsinya, untuk mendukung pemulihan luka dan membantu memperkuat daya tahan tubuh Si Kecil. Supaya asupan vitamin C Si Kecil tercukupi, selain membuatkan susu pertumbuhan, Bunda juga sebaiknya menyiapkan buah dan sayuran aneka warna sebagai menu hariannya. Di antaranya, jambu biji, jeruk, pepaya, stroberi, mangga, pisang, dan tomat.

  • Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh Si Kecil untuk mendukung perkembangan tulang, sekaligus mencegahnya agar tidak mudah keropos. Asupan vitamin D Si Kecil dapat tercukupi dengan memberikannya susu pertumbuhan, yoghurt, dan minyak ikan. Selain itu, pastikan Si Kecil beraktivitas di luar ruangan di pagi hari Bunda, sebab sebagian sinar matahari dapat diubah oleh kulit menjadi vitamin D. 

  • Zat Besi

Ini adalah mineral penting yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah, yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh Si Kecil. Kekurangan zat besi berisiko menyebabkan terjadinya anemia. Untuk itu, Bunda disarankan memberikan Si Kecil makanan kaya zat besi seperti, daging ayam, daging sapi, ikan, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan buncis, serta susu pertumbuhan. 

  • Zink

Mineral ini berperan untuk mendukung daya tahan tubuh Si Kecil agar ia tidak mudah sakit. Bantu cukupi asupan zink Si Kecil dengan menyiapkan menu harian dari beragam makanan, seperti daging ayam, tiram, kacang polong, kacang mete, keju, dan susu pertumbuhan. 

  • Selenium

Selenium berperan untuk membentuk antioksidan, yang berfungsi membantu melindungi sel-sel tubuh Si Kecil dari kerusakan . Kebutuhan asupan selenium dalam tubuh Si Kecil, tidak begitu banyak, hanya sekitar 17-20 mikrogram per harinya. Ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi tuna, kakap merah, daging unggas, daging sapi, serealia (contohnya nasi, jagung, dan gandum), atau susu pertumbuhan.

 

Nah, dengan mengetahui manfaat susu untuk anak dalam membantu melindungi kesehatannya, Bunda diharapkan dapat memasukan susu pertumbuhan ke dalam menu harian Si Kecil.

DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  mengandung vitamin A, C, E; selenium, zink, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus, untuk bantu lengkapi kebutuhan gizi Si Kecil dan optimalkan tumbuh kembangnya.

Bagaimana Bunda, sekarang jadi lebih mengenal apa saja manfaat susu untuk anak,kan? Dengan membantu memenuhi asupan gizi Si Kecil melalui pemberian makanan bergizi dan susu pertumbuhan, ia bisa mendapatkan perlindungan dari dalam. Sehingga, Bunda tidak perlu ragu lagi katakan #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.