Minuman Apa yang Wajib Dikonsumsi Si Kecil Saat Diare? | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Minuman Apa yang Wajib Dikonsumsi Si Kecil Saat Diare?

11-23-2018

Cairan Wajib Dikonsumsi saat Anak Muntah dan Diare

 

Anak muntah dan diare? Kondisi ini perlu penanganan yang tepat, Bunda. Sebab, saat mengalami diare, Si Kecil membutuhkan asupan cairan yang cukup agar ia tidak dehidrasi. Menurut organisasi kesehatan American Academy of Pediatrics, diare dapat menyebabkan kehilangan natrium, kalium, dan klorida. Ketiga mineral ini memiliki peran penting dalam sistem kerja saraf dan kontraksi otot, serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. Kekurangan cairan berisiko membahayakan kesehatan Si Kecil.

Untuk itu, Bunda perlu memastikan tubuh Si Kecil tetap terhidrasi agar cairan dalam tubuhnya tetap terjaga. Apa saja asupan minuman yang sebaiknya diberikan kepada Si Kecil saat diare? Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

  1. Oralit

Saat diare, Si Kecil akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit dalam tubuh. Untuk menanganinya, Bunda harus memberikan Si Kecil asupan cairan yang serupa. Minuman oralit dapat menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Si Kecil. Oralit merupakan kombinasi antara garam dengan air putih. Menurut saran dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, jumlah cairan oralit yang dibutuhkan sekitar 10 ml/kg berat badan. Jadi, jika berat badan Si Kecil 10 kg misalnya, berarti ia membutuhkan sekitar 100 ml oralit. 

  1. Air Mineral

Ini merupakan salah satu minuman yang direkomendasikan dikonsumsi Si Kecil saat Diare. Sebab, air mineral dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang tanpa tambahan kandungan kalori, lemak, atau gula.

  1. Larutan Gula dan Garam

Larutan ini bisa menjadi pertolongan pertama saat anak muntah dan diare. Cara membuatnya, larutkan segelas air putih dengan enam sendok teh gula, lalu masukkan setengah sendok teh garam. Aduk hingga tercampur rata, dan berikan segera pada Si Kecil.
 

Hindari Minuman Ini Saat Si Kecil Diare 

Beberapa jenis minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi Si Kecil ketika ia sedang diare:

Kandungan fruktosa dan glukosa dalam minuman ini berisiko memperparah gejala diare.

  • Soda

Minuman ringan seperti soda, selain mengandung pemanis buatan fruktosa, kebanyakan juga mengandung kafein yang dapat menimbulkan efek pencahar, sehingga frekuensi buang air besar bisa lebih sering dengan konsistensi yang cair.

Daripada mengobati, lebih baik mencegah hal ini dengan memberikan Si Kecil makanan yang mengandung probiotikBeragam buah dan sayur, serta makanan yang sudah difermentasikan seperti tempe dan yoghurt, dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna Si Kecil. Bantu lengkapi asupan harian Si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+ mengandung Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin untuk membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Perlu dicatat, bila anak muntah dan diare , lakukan pertolongan pertama dengan memberikan Si Kecil asupan cairan yang cukup. Segera konsultasikan kesehatan Si Kecil ke tenaga kesehatan atau dokter, untuk mencegah dehidrasi. Dengan begitu, Bunda dapat membantu menjaga Si Kecil agar senantiasa sehat dan mendukungnya aktif bereksplorasi. Ketika kesehatan Si Kecil terlindungi, Bunda bisa bebas mengatakan #IyaBoleh untuk mendukungnya bereksplorasi.