Nutrisi

Menyiasati Si Buah Hati Supaya Mau Melahap Ikan

03-09-2019

Manfaat Ikan untuk Nutrisi Anak.

Si Buah Hati sudah mulai mengonsumsi makanan padat? Apakah Bunda sudah mulai mencoba memberi ikan sebagai salah satu menu hariannya? Membiasakan Si Buah Hati mengonsumsi ikan merupakan salah satu hal yang baik, sebab ikan merupakan salah satu makanan sehat untuk anak yang banyak direkomendasikan oleh ahli.Ikan merupakan salah satu sumber protein dan sumber asupan DHA/omega 3 yang dapat mengoptimalkan perkembangan otak Si Buah Hati, lho.

Studi menunjukkan bahwa ikan menyediakan berbagai nutrisi yang penting bagi perkembangan Si Buah Hati. Para ahli pun sepakat bahwa nutrisi andalan ikan terdapat pada kandungan asam lemak omega 3-nya, yaitu DHA dan EPA, yang sulit ditemukan dalam makanan lain, selain juga memiliki lemak jenuh yang rendah, namun tinggi protein, vitamin D, dan nutrisi lainnya.

Di sisi lain, ada banyak pula alasan mengapa ikan jarang menjadi pilihan keluarga untuk asupan gizi. Mulai dari alergi, pengolahan yang sulit, hingga alasan sepele seperti baunya yang amis, atau durinya yang menyulitkan. Si Buah Hati pun tak terkecuali, apalagi jika ia termasuk anak susah makan. Bagaimana ya caranya agar Si Buah Hati senang melahap ikan?

 

Tips Agar Si Buah Hati Mau dan Terbiasa Mengonsumsi Ikan

  1. Pilih Ikan yang Sudah Dipotong Fillet

Bunda tentu ingin pengalaman pertama Si Buah Hati mengonsumsi ikan menjadi hal yang menyenangkan, bukan? Karena itulah, kami menyarankan Bunda untuk menggunakan ikan yang sudah dipotong fillet. Selain memudahkan Bunda untuk mengolahnya, potongan ikan fillet juga lebih aman untuk Si Buah Hati yang belum bisa memilah duri/tulang ikan.

 

  1. Buat Kreasi Menu yang Menarik untuk Si Buah Hati

Bagi selera orang dewasa, ikan yang dibakar dengan sambal kecap mungkin terasa menggugah selera. Namun, belum tentu Si Buah Hati merasakan hal yang sama. Bau bakaran mungkin akan terasa asing baginya. Nah, bagaimana jika Bunda mengkreasikan ikan menjadi bakso atau dikukus dengan cocolan saus khusus untuk Si Buah Hati. Yang pasti, hindari ikan yang diolah dengan cara digoreng, karena tujuan kita adalah untuk membuat makanan sehat untuk anak.

 

  1. Libatkan Anak Waktu Memasak

Si Buah Hati sedang dalam usia senang mengeksplor. Mengapa tak jadikan makan siangnya sebagai bagian dari petualangannya hari ini, Bunda. Panggang ikan, lalu ajak ia berkreasi dengan memotong ikan menjadi bentuk kesukaannya, atau biarkan ia menghias ikan dengan saus buatan Bunda. Tak hanya untuk membuatnya terbiasa dengan bau dan tekstur ikan, kegiatan ini juga dapat membangun interaksi antara Bunda dan Si Buah Hati!

 

  1. Jangan Paksakan

Memaksa Si Buah Hati untuk memakan ikan hanya akan membuatnya lebih tidak menyukai ikan. Namun, perlu diingat bahwa anak-anak memerlukan setidaknya sepuluh kali percobaan sebelum ia terbiasa dengan hal yang baru.Teruslah bereksperimen dengan resep-resep ikan Bunda, dan jangan lupa, Si Buah Hati belajar dari mengamati orang-orang di sekelilingnya. Jadi, sebaiknay Bunda beri contoh padanya dengan menikmati hidangan ikan di depan Si Buah Hati, ya.

 

Lengkapi makanan sehat untuk anak dan asupan protein serta DHA/omega 3 Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan untuk anak usia di atas satu tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Buah Hati. Temukan juga inspirasi menu sehat lainnya yang bergizi seimbang untuk anak di https://www.dancow.co.id/dpc/piring-nutrisi.