Nutrisi

Menu Makanan Sehat untuk Anak Belajar Makan Sendiri

26-11-2019

Trik Makanan Sehat untuk Anak Belajar Makan Sendiri

Selalu ada hal menakjubkan dari perkembangan Si Buah Hati. Memasuki usia tiga tahun, ia biasanya mulai menunjukkan ketertarikan untuk makan sendiri, dan mulai berusaha memegang perlengkapan makan sendiri. Bunda pun jadi ikut bersemangat menyiapkan makanan sehat untuk anak.

Dukung Si Buah Hati Belajar Makan Sendiri

Meskipun masih belum bisa memegang sendoknya dengan benar, minatnya untuk belajar makan sendiri perlu didukung. Sebaiknya Bunda tidak memarahi atau menyalahkan makannya lama, temani ia makan, siapkan bib, alas makan, dan alas untuk lantai di bawah kursinya, untuk menghindari ruangan jadi berantakan.

Untuk memudahkan Si Buah Hati makan sendiri, berikut ini makanan yang perlu Bunda siapkan:

  1. Bertekstur Lembut

Makanan untuk pemakan pemula harus lembut dan mudah dihancurkan, baik dengan tangan maupun sendok. Buah keras dan sayuran mentah berisiko membuat Si Buah Hati tersedak, jadi sebaiknya kukus dulu buah dan sayuran. Hindari juga makanan yang terlalu berserat dan berduri, agar mudah dikunyah.

 

  1. Ukuran yang Mudah Disendok dan Dimasukkan ke Mulut

Inti dari belajar makan sendiri adalah menjaga ketertarikan makan Si Buah Hati dan membuatnya kenyang. Jika Si Buah Hati tidak dapat mengambil makanan dapat mengganggu mood makan, dan malah tidak melanjutkan makan. Untuk memudahkan Si Buah Hati, potong makanan sekitar panjang dan lebar jari kelingking orang dewasa.

 

  1. Perhatikan Makanan yang Disukai Si Kecil

Pastikan ia mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya.

 

Kreasi Menu Sehat untuk Si Buah Hati

Perlu diingat bahwa selain melatih keterampilan motorik dan sensorik Si Buah Hati, mengajaknya makan sendiri juga penting untuk memperkenalkan berbagai rasa dan tekstur, dan pada akhirnya membantunya terbiasa dengan makanan yang disantap seluruh keluarga ketika ia sudah lebih besar nanti, karena itu hindari memberi makanan yang itu-itu saja pada Si Buah Hati.  Agar Si Buah Hati semakin mengenal beragam rasa makanan dan semakin semangat belajar makan sendiri, yuk coba siapkan beberapa kreasi menu makanan sehat untuk anak berikut:

  1. Sandwich Segitiga Isi Telur, Tuna, dan Salad Ayam

Potong-potong sandwich agar mudah disuap dan dikunyah Si Buah Hati. Hidangan ini padat protein yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, selain juga membangun tulang, otot, tulang rawan, sel kulit, dan darah.

 

  1. Pasta dengan Potongan Ikan dan Kacang Polong Masak

Pasta, terutama yang terbuat dari gandum, merupakan sumber energi dan serat yang baik. Selain itu, ikan dan kacang polong juga merupakan sumber protein, dan kacang polong juga mengandung serat dan antioksidan yang baik untuk perkembangan anak.

 

  1. Telur Dadar Mini dengan Sayuran Bayam Matang dan Apel Potong

Telur mengandung protein tinggi. Bayam kaya vitamin, mineral, serat dan antioksidan.Apel juga mengandung vitamin C, serat, air, kalium, vitamin A, vitamin K, dan folat. Tak hanya bernutrisi, kombinasi dari bahan-bahan ini dapat menjadi menu sarapan yang lezat dan dapat dinikmati Si Buah Hati.

Selain memberikan makanan sehat untuk anak, bantu lengkapi asupan nutrisinya dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin. Dapatkan pula inspirasi menu sehat untuk Si Buah Hati dari pakar gizi DANCOW di Piring Nutrisi.