Menu Bernutrisi untuk Bantu Jaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Menu Bernutrisi untuk Bantu Jaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil

12-05-2018

Cegah Agar Anak Tiba-Tiba Sakit Perut

 

Ketika anak tiba-tiba sakit perut, semangatnya untuk bereksplorasi bisa jadi menurun, Bunda. Padahal aktivitas ini penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Oleh sebab itu, cegah hal ini terjadi dengan memastikan kesehatan pencernaan Si Kecil tetap terjaga.

Kenapa Begitu Penting Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil?

Saluran cerna merupakan organ daya tahan tubuh terbesar, di mana terdapat sekitar 80% sel yang menghasilkan antibodi. Komponen ini berperan penting dalam sistem daya tahan tubuh Si Kecil. Menurut dr. Muzal Kadim, Sp.A(K) dari Ikatan Dokter Anak Indonesia, antibodi di dalam saluran pencernaan berfungsi sebagai benteng pertahanan tubuh dari lingkungan luar. Dengan cara ini, tubuh dapat terlindungi dari mikroorganisme yang berisiko menyebabkan penyakit atau memicu timbulnya alergi.

Bagaimana Bila Anak Tiba-Tiba Sakit Perut?

Untuk membantu meringankan gejalanya, Bunda perlu memastikan Si Kecil cukup mendapatkan istirahat dan air minum. Selain itu, Bunda juga bisa mengompres bagian perutnya menggunakan handuk yang direndam air hangat untuk mengurangi rasa nyeri. Namun, bila timbul gejala lain seperti demam, muntah, kemerahan pada kulit, atau nyeri perut berkelanjutan, Bunda sebaiknya segera konsultasi ke tenaga kesehatan atau dokter. Ini merupakan cara mengatasi anak sakit perut yang paling disarankan.

Menu Bergizi Bantu Jaga Kesehatan Saluran Cerna Si Kecil

Salah satu cara mencegah gangguan pencernaan adalah dengan memberikannya asupan makanan sehat dan bergizi, di antaranya makanan yang mengandung probiotik dan serat. Berikut ini adalah beberapa inpsirasi menu yang dapat Bunda berikan kepada Si Kecil untuk membantu menjaga kesehatan pencernaannya.

Di pagi hari, Bunda bisa menyiapkan semangkuk oatmeal yang ditambahkan dengan yoghurt dan potongan buah pisang. Bakteri baik di dalam yoghurt dapat membantu menjaga kondisi saluran cerna senantiasa sehat dan mendukung daya tahan tubuh Si Kecil.

  • Potongan Tempe dalam Menu Makan Siang

Dalam menu makan siang Si Kecil, Bunda dapat memasukkan potongan tempe. Makanan fermentasi ini juga dikenal mengandung bakteri baik atau probiotik. Asupan probiotik yang dominan di dalam tubuh Si Kecil, dapat mendukung kesehatan pencernaannya.

  • Ikan Saat Makan Malam

Sumber protein seperti ikan dalam menu makan malam Si Kecil, dapat mendukung fungsi saluran cernanya. Sebab, protein ikan lebih mudah dicerna sehingga tidak membebani kerja organ pencernaan Si Kecil.   

  • Buah-buahan sebagai Camilan

Untuk menu camilan, Bunda bisa memberikan Si Kecil beragam buah seperti apel, alpukat, dan pisang; atau agar-agar isi buah. Kandungan serat dalam makanan ini dapat membantu mencegah sembelit pada Si Kecil.   

Yuk Bunda, bantu jaga kesehatan pencernaan Si Kecil dengan mencukupi asupan gizinya. Jangan sampai, anak tiba-tiba sakit perut dan menghalanginya untuk bereksplorasi. Lengkapi kebutuhan gizi Si Kecil dengan memberikannya susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal. Diawali dari pencernaan yang sehat, Bunda dapat mendukung perlindungan kesehatannya saat ia aktif bereksplorasi. Dengan begitu, tak perlu ragu lagi katakan #IyaBoleh pada Si Kecil!