Mengenalkan Macam-Macam Rasa Lewat Buah | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Mengenalkan Macam-Macam Rasa Lewat Buah

31-08-2018

Mengenalkan Macam-Macam Rasa Lewat Buah

"Untuk memproteksi kesehatannya, si Kecil tidak hanya harus aktif berolahraga tapi juga harus mempunyai pola makan yang seimbang, dengan memasukkan buah dan sayuran ke dalam menunya setiap hari. Tidak hanya kaya vitamin, mineral, dan serat makanan, buah juga merupakan media yang tepat untuk mengenalkan berbagai macam rasa.

Berikut tips yang bisa Bunda lakukan untuk memperluas kemampuan bahasanya untuk mendeskripsikan rasa makanan.

Makan Buah Berwarna-warni

Kenalkan rasa makanan dengan menvariasikan jenis buah-buahan yang biasa disebut dengan rainbow fruit. Selain punya pigmen warna yang berbeda-beda, setiap buah juga mempunyai rasa yang khas. Berikan stimulasi pada si Kecil dengan memakannya bersama-sama sebagai kudapan atau makanan penutup, dan diskusikan bagaimana rasanya, misalnya melon didominasi rasa manis, jeruk mempunyai rasa asam, atau buah bit yang cenderung terasa pahit.

Buat Jadi Permainan

Proses belajar yang diperkenalkan dalam bentuk permainan akan lebih menarik perhatian si Kecil. Letakkan beberapa buah aneka rasa di atas meja makan. Sebutkan rasa yang diinginkan dan yang paling cepat mengambilnya adalah pemenangnya. Ganti pilihan buah agar ia tidak cepat bosan serta memperluas pengetahuannya.

Makan Dalam Keadaan Segar

Untuk mengenali rasa-rasa makanan, sajikan buah dalam keadaan segar. Pengolahan dapat menghilangkan atau menutupi rasa aslinya, misalnya membuat jus buah dengan penambahan gula tentunya akan merusak rasa alami buah, begitu juga dengan mencampurkan buah dalam salad yang akan membuat rasanya bercampur aduk, sehingga sulit mengenali rasa asli buah tersebut.

Sisipkan dalam Setiap Jam Makan

Tidak hanya memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting yang disediakan oleh buah, menyajikan buah pada setiap jam makan juga membiasakan si Kecil terhadap rasa buah. Variasikan jenis buah agar anak tidak mudah bosan, misalnya rasa manis dari pisang untuk menemani sarapan, apel yang asam untuk bekal makan siang, atau buah naga yang rasanya hampir tawar untuk menutup makan malam.

Sajikan dalam Bentuk yang Menarik

Tata buah-buahan untuk membentuk tampilan yang menarik. Bunda bisa memotongnya menggunakan cookie cutter dan menatanya menjadi aneka bentuk di piring, atau pakai tusuk sate untuk menyajikan potongan-potongan kecil buah dan hidangkan sebagai kudapan. Libatkan juga si Kecil dalam proses pembuatannya untuk mendukung stimulasi kemampuan psikomotorik, atensi, dan memorinya.

Ada banyak cara mengenalkan rasa-rasa makanan lewat buah yang dikonsumsi setiap hari. Coba sekarang juga ya.

"DANCOW Dukung Cinta Bunda untuk Si Kecil"

"