Stimulasi

Mengenal Manfaat Permainan Sensori untuk Tumbuh Kembang Anak

17-01-2020

Permainan Sensori untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak

Sejak lahir hingga masa kanak-kanak, kecerdasan anak terus berkembang dengan pesat. Sebagai salah satu bagian penting dari proses tumbuh kembang Si Buah Hati, perkembangan kecerdasan anak harus didukung sejak dini. Salah satunya dengan cara meningkatkan kemampuan panca indera anak.

 

Salah satu hal yang mempengaruhi perkembangan anak adalah kemampuan panca inderanya. Si Buah Hati menggunakan kemampuan panca indera yang dimiliki untuk bereksplorasi dan memahami dunia di sekelilingnya. Kemampuan panca indera ini sudah mulai digunakan Si Buah Hati bahkan sejak ia baru lahir, lho, Bunda. Menurut psikolog Swiss, Jean Piaget,  kelima indera yang dimiliki manusia yaitu indera peraba, penciuman, pengecap, pendengaran dan pengelihatan berperan penting untuk tumbuh kembang Si Buah Hati.Informasi yang nantinya tersimpan dalam otak Si Buah Hati akan bergantung  kepada kelima indra tersebut karena panca indera berperan untuk meneruskan informasi ke sel-sel otak.

 

Agar bisa meningkatkan kecerdasan anak, kemampuan panca indera ini harus terus distimulasi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan permainan sensori bagi kelima panca indera anak. Selain menstimulasi panca indera, permainan sensori juga menyenangkan dan merupakan alternatif kegiatan yang menarik untuk Si Buah Hati. Bunda pun tak perlu repot membeli alat atau mainan karena permainan sensori bisa dilakukan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah, lho.  Nah, setelah mengetahui apa itu permainan sensori, yuk cari tahu apa saja sih, manfaat permainan sensori untuk tumbuh kembang Si Buah Hati.

 

1. Stimulus Kemampuan Motorik Halus dan Kasar

Sebagian besar permainan sensori memberikan stimulus pada kemampuan motorik halus dan motorik kasar. Pilihan mainannya beragam, Bunda tinggal memilih permainan yang sesuai dengan usia anak.

Salah satu contoh permainan sensori untuk merangsang kemampuan motorik halus anak adalah memindahkan bola menggunakan sendok ke kotak dengan warna yang sudah ditentukan.

 

2. Membantu Perkembangan Bahasa dan Sosial

Lewat permainan sensori, ada kata-kata yang jadi lebih mudah dipahami maknanya karena Si Buah Hati dapat merasakan wujud benda tersebut lewat panca inderanya.  Misalnya saat bermain pasir atau bermain dengan spageti yang sudah dimasak, Bunda bisa sekaligus mengajarinya kata-kata seperti “kasar”, “licin”, “tumpah”, “lengket”, dan lain-lain.

 

3. Membantu Perkembangan Emosional

Permainan sensori akan membuat anak menjadi lebih tenang dan membantunya mengontrol emosi saat melakukan permainan. Misalnya saat memindahkan pasir dari satu kotak ke kotak lainnya, Si Buah Hati akan merasa lebih rileks karena melakukan gerakan berulang serta belajar sabar memindahkan pasir dari satu kotak ke kotak lainnya.

 

4. Bonding Time dengan Orang Tua

Beberapa permainan sensori mengajak orang tua untuk ikut berpartisipasi bermain dengan Si Buah Hati. Ketika Bunda atau Ayah menemani anak melakukan permainan sensori, Bunda dan Ayah sedang membangun ikatan emosional dengan anak. Contohnya, saat Bunda mengajarkan kosakata baru saat Si Buah Hati bermain dengan pasir atau permainan lainnya.

 

5. Membantu Perkembangan Otak dan Problem Solving

Permainan sensori tidak hanya soal melihat, menyentuh, atau pun mengaktifkan panca indera. Permainan sensori juga melatih anak untuk memecahkan masalah serta menstimulasi otak. Misalnya ketika diajak untuk memindahkan bola sesuai warna, maka Si Buah Hati akan mengamati dan melihat banyak hal. Semakin banyak informasi yang ia dapat, maka akan semakin lengkap pula data yang tersimpan di otak dan semakin berkembang pula kecerdasannya.

 

Agar kecerdasan anak semakin terasah dengan permainan sensori, Bunda bisa memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan usianya saat bermain. Bunda juga bisa mencoba melakukan permainan edukatif di DANCOW Parenting Center, lho.  Bunda juga bisa mendukung perkembangan Si Buah Hati dengan memastikannya mendapatkan asupan gizi yang cukup. Berikan DANCOW Advanced Excelnutri+, susu pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi hariannya