Mau Dukung Si Buah Hati Jadi Anak Unggul Indonesia? Yuk, Baca Dongeng Aku Dan Kau ! | DANCOW Parenting Center

Mau Dukung Si Buah Hati Jadi Anak Unggul Indonesia? Yuk, Baca Dongeng Aku Dan Kau !

25-07-2019

Bantu Optimalkan Tumbuh Kembang Si Buah Hati Menjadi Anak Unggul Indonesia

Kegiatan seru apa saja sih yang biasanya dilakukan Bunda bersama Si Buah Hati? Banyak pilihan kegiatan seru sebagai bentuk stimulasi untuk tumbuh kembang Si Buah Hati. Mendongeng mungkin bisa jadi salah satunya, ya. Meskipun ini termasuk kegiatan yang sederhana, tapi mendongeng itu banyak manfaatnya untuk anak. Selain menjadi aktivitas seru untuk mempererat ikatan batin (bonding) dengan Si Buah Hati, mendongeng dapat membantu optimalkan tumbuh kembang anak .  

Bahkan menurut pakar perkembangan anak, membaca dongeng juga dapat mengajarkan Si Buah Hati nilai-nilai positif yang penting bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia, lho. "Mendongeng adalah sebuah stimulasi yang menyenangkan bagi Si Buah Hati, dan bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi, kemampuan bahasa, dan ekspresi emosi secara lebih baik. Membacakan dongeng juga dapat membantu mempererat hubungan orang tua dengan anak, sambil menanamkan nilai-nilai moral yang positif bagi pembentukan karakter Anak Unggul Indonesia ke depannya," kata dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis.

Ajak Si Buah Hati Baca Cerita Asli Indonesia

Perilaku yang positif, bisa ditanamkan sedini mungkin kepada Si Buah Hati. Salah satu caranya dengan membacakan dongeng asli Indonesia. Menurut Dr. Murti Bunanta SS. MA. sebagai peneliti dan pakar dongeng anak, mendongeng adalah hal positif yang patut diapreasiasi, karena dongeng Indonesia seringkali tergantikan oleh hiburan lain di era modern ini. "Padahal,  dongeng yang berasal dari Indonesia memiliki karakter dan alur cerita yang sesuai dengan warisan budaya tanah air, serta memiliki nilai moral yang tak lekang oleh zaman," jelasnya.

Saat ini, Si Buah Hati dengan mudah dapat mengakses informasi, termasuk cerita atau tontonan yang berasal dari kebudayaan asing. Namun, ada baiknya Bunda tetap mengenalkan anak dengan dongeng yang berasal dari kebudayaan asli Indonesia. Sambil menstimulasi kecerdasan anak, Bunda juga dapat mengenalkan anak dengan budaya bangsanya sendiri, serta menanamkan nilai-nilai moral yang baik.

Cerita Seru, Asli Kebudayaan Indonesia

Bunda, masih ingat cerita asli Indonesia yang pernah disimak sewaktu kecil? Apakah pernah dengar cerita Raja Parakeet, TImun Mas, atau Burung Cendrawasih? Ketiga dongeng asli Indonesia ini memiliki pesan-pesan moral yang dapat mendukung karakter positif Si Buah Hati.

Cerita Raja Parakeet yang berasal dari Aceh misalnya, melalui sikap rela berkorban sang Raja Parakeet demi rakyatnya, Si Buah Hati dapat mengasah kemampuannya dalam mengambil keputusan dan memikirkan kepentingan orang banyak. Hal ini dibutuhkan ketika kelak ia menjadi pemimpin. Lalu, dalam kisah Timun Mas yang melawan raksasa, Bunda dapat mengajarkannya untuk bersikap berani dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan. . Sedangkan, cerita Burung Cenderawasih dapat mengajarkannya untuk berpikir kreatif, yang dapat mendukungnya untuk membuat kreasi baru di masa depan. Ini karena di dalam dongeng, sang Cendrawasih diceritakan berkreasi menempelkan bulu warna-warni ke tubuhnya untuk menjadi pemenang.  

Nah Bunda, selain ketiga dongeng tersebut, masih banyak dongeng asli Indonesia yang bisa diceritakan pada Si Buah Hati, lho. Ini semua bisa Bunda simak di Dongeng Aku Dan Kau yang terdapat di dalam kotak DANCOW Advanced Excelnutri+ bertanda khusus. Dongeng Aku Dan Kau terdiri dari 15 seri dongeng Indonesia dengan interaktif yang seru. Tiap ceritanya, memiliki pesan-pesan moral yang dapat mendukung tumbuh kembang anak sesuai dengan tahapan usianya. Selain itu, Bunda juga dapat mengajak Si Buah Hati mainkan video interaktifnya di DANCOW Parenting Center, lho!

Yuk Bunda, jangan ragu mendongeng cerita asli Indonesia pada Si Buah Hati! Dengan begitu, Bunda dapat membantu optimalkan tumbuh kembang anak dan menjadikannya Anak Unggul Indonesia, yang berani, cerdas, peduli, kreatif, dan memiliki jiwa pemimpin.