Mau Dukung Pertumbuhan Gigi Anak? Berikan Asupan Nutrisi Penting Ini! | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Mau Dukung Pertumbuhan Gigi Anak? Berikan Asupan Nutrisi Penting Ini!

08-02-2019

Makanan untuk Pertumbuhan Gigi Anak yang Sehat dan Kuat

 

Umumnya, anak dengan status gizi yang baik, pertumbuhan gigi permanennya dapat berjalan dengan normal. Oleh karena itu, Bunda perlu memperhatikan pertumbuhan gigi anak sejak dini. Salah satunya, dengan memastikan ia mendapatkan asupan gizi yang cukup. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang berperan untuk kesehatan tulang dan gigi Si Kecil. Kenapa ini begitu penting?

Asupan kalsium dapat membantu membangun struktur gigi dan tulang yang kuat, meningkatkan fungsi saraf otot, dan membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jumlah kebutuhan kalsium anak bisa berbeda tergantung tahapan usianya. Menurut rekomendasi Kementerian Kesehatan RI dalam panduan Angka Kecukupan Gizi, Si Kecil yang berusia 1-3 tahun, membutuhkan sekitar 650 mg asupan kalsium per harinya.

Pentingnya mencukupi asupan kalsium anak, juga disampaikan oleh dokter anak di RS Evasari, Jakarta Pusat. Menurut informasi dokter, kalsium merupakan salah satu nutrisi penting yang harus diberikan sejak dini untuk memastikan tulang dan gigi Si Kecil berkembang dengan baik. Sebab, kalsium merupakan bahan utama pembentukan dentin dan email gigi. Ini bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan mulai dari susu, sayuran hingga keju. Selain itu, pastikan juga asupan makanannya mengandung karbohidrat, fosfor, magnesium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Si Kecil dan mendukung tumbuh kembang anak, Bunda perlu memasukkan makanan kaya akan kalsium ke dalam menu harian Si Kecil. Berikut ini adalah beberapa contohnya, Bunda.

  1. Ikan Salmon

Kandungan kalsium yang cenderung tinggi di dalamnya menjadikan ikan ini sebagai menu sehat untuk mencukupi asupan kalsium Si Kecil. Untuk ikan salmon sendiri, takaran yang direkomendasikan dalam seharinya adalah 85 gr yang dapat memberikan sekitar 180 mg kalsium.

  1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber kalsium yang baik untuk Si Kecil, contohnya brokoli, bok choy, bayam, atau kubis. Dari 200 gr porsi brokoli, bisa mendapatkan sekitar 60 mg asupan kalsium. Sementara, dari sajian 200 gr bok choy, bisa mendapatkan asupan kalsium kira-kira sebesar 160 mg. 

  1. Keju

Kebanyakan anak biasanya menyukai pangan yang satu ini. Dalam mendukung pertumbuhan gigi anak , keju berperan untuk mengendapkan kalsium dan fosfor dalam gigi. Untuk jenis keju parmesan, takaran yang direkomendasikan adalah sekitar satu sendok makan dalam sehari yang dapat memberikan sekitar 55 mg asupan kalsium.

  1. Yoghurt

Karena merupakan hasil fermentasi susu, yoghurt juga mengandung kalsium. Bedanya dengan susu adalah rasanya yang cenderung asam. Yoghurt dapat dikonsumsi untuk melengkapi asupan kalsium harian Si Kecil. Takaran sajian yang direkomendasikan dalam sehari kira-kira sebesar 170 gr yang dapat memberikan sekitar 260 mg kalsium.

  1. Susu

Susu sapi merupakan sumber kalsium yang baik bagi pertumbuhan Si Kecil. Dalam satu harinya, anak-anak membutuhkan sekitar 300 mg kalsium dari 237 ml susu. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+  merupakan susu pertumbuhan untuk Si Kecil usia 1-3 tahun yang mengandung kalsium, protein, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu melengkapi kebutuhan gizi Si Kecil dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Asupan gizi yang cukup juga dapat mendukung perlindungan kesehatan Si Kecil saat ia bereksplorasi. Jadi, Bunda bisa terus bilang #IyaBoleh , supaya Si Kecil makin semangat bereksplorasi.

 

Yuk, dukung pertumbuhan gigi anak dengan memastikan asupan kasium hariannya tercukupi dan konsultasi rutin ke dokter gigi!