Mau Bantu Kurangi Risiko Diare Si Kecil? Ajarkan 3 Kebiasaan Ini! | DANCOW Parenting Center
Nutrisi

Mau Bantu Kurangi Risiko Diare Si Kecil? Ajarkan 3 Kebiasaan Ini!

12-05-2018

Diare Bisa Dicegah Bila Anak Lakukan Kebiasaan Ini

 

Musim kemarau segera datang. Di musim ini udara cenderung lebih kering dan dapat memperbesar risiko penularan kuman penyebab penyakit. Salah satunya dapat memicu Si Kecil mengalami diare. Tentu, Bunda tak ingin tumbuh kembang Si Kecil terganggu bila anak diare , kan? Untuk itu, mari bantu lindungi Si Kecil dari penyakit ini. Caranya, bisa dimulai dengan mengajarkan Si Kecil melakukan kebiasaan baik.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang perlu diajarkan kepada Si Kecil untuk membantu mencegahnya terjangkit diare.

  1. Mencuci Tangan

Menurut dr. Alexander Rapisarda, spesialis gastroenterologi dan hepatologi di Robert Wood Johnson University Hospital, New Jersey, Amerika Serikat, kasus diare yang paling umum biasanya berkaitan dengan makanan. Contohnya, makanan yang terkontaminasi oleh kuman penyakit. Ini bisa disebabkan karena makanan kontak langsung dengan bakteri penyebab diare dari tangan Si Kecil. Salah satu cara agar makanan yang dikonsumsi Si Kecil tetap higienis, Bunda perlu membiasakannya mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum makan, setelah buang air dan bermain di luar rumah. Kebiasaan ini juga dapat mendukung proses belajar Si Kecil, sebab bila anak diare, kesempatannya untuk bereksplorasi jadi terhambat.

  1. Tidak Jajan Sembarangan

Makanan yang terpapar udara selama dua jam setelah dimasak, berisiko menjadi tempat bakteri penyebab penyakit hidup dan berkembang biak. Apalagi bila makanan itu dijajakan di pinggir jalan. Jadi, sebisa mungkin Bunda ajari Si Kecil menghindari jajan sembarangan. Ada baiknya, Si Kecil konsumsi snack buatan sendiri yang lebih terjamin dari sisi higienis dan kandungan gizinya.

  1. Tidak Mengisap Jari

Memasuki usia satu tahun, kebiasaan satu ini bisa jadi masih berlanjut. Sayangnya, hal ini berisiko menularkan kuman penyakit ke dalam tubuh. Oleh sebab Itu, Bunda sebaiknya mengalihkan perhatian Si Kecil saat ia mengisap jari dan pelan-pelan membantunya menghentikan kebiasaan ini. 

Bagaimana Bunda, tidak begitu sulit kan mengajarkan Si Kecil tiga kebiasaan ini? Beberapa upaya pencegahan di atas dapat membantu menjaga Si Kecil agar senantiasa sehat. Bila anak diare dan demam , ia rentan mengalami dehidrasi yang dapat membahayakan kondisi kesehatannya.

Selain mengajari Si Kecil disiplin melakukan kebiasaan baik, Bunda juga dapat mendukung perlindungan kesehatan anak dengan mencukupi kebutuhan gizinya. Salah satunya makanan yang mengandung probiotik atau bakteri baik, agar kesehatan saluran cernanya terjaga dan daya tahan tubuhnya dapat berfungsi dengan optimal. Susu pertumbuhan DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ mengandung Lactobacillus rhamnosus, untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

Bunda bisa jadi merasa khawatir bila anak diare. Namun, dengan melakukan upaya ekstra, Bunda dapat membantu perlindungan kesehatannya. Tubuh yang sehat, dapat mendukung Si Kecil untuk bereksplorasi. Jadi, Bunda tak perlu ragu untuk mengatakan #IyaBoleh pada Si Kecil!