Mau Anak Belajar Disiplin? Ikuti Tipsnya di Sini! | DANCOW Parenting Center
Stimulasi

Mau Anak Belajar Disiplin? Ikuti Tipsnya di Sini!

22-10-2018

Mau Anak Belajar Disiplin? Ikuti Tipsnya di Sini!

Membentuk karakter anak disiplin tidak cukup dengan peraturan saja, Bunda. Terlalu keras namun tanpa memberikan penghargaan kepada anak, memang dapat membuat mereka berperilaku baik. Namun, biasanya anak melakukannya hanya karena takut. Cara tersebut dapat menyebabkan anak bermasalah dalam hal harga diri dan timbulnya kecemasan di kemudian hari. Oleh sebab itu, Bunda disarankan untuk lebih berhati-hati, sebab pola asuh anak juga turut membentuk karakternya dan mendukung tahap perkembangannya

Manfaat Disiplin untuk Masa Depan Si Kecil

Dengan mengajarkan Si Kecil untuk disiplin sejak usia dini, maka Bunda dapat membentuk karakter Si Kecil yang positif di masa depan. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jangka panjang dari penerapan sikap disiplin:

  1. Tidak Mudah Stres
    Menurut Amy Morin, psikolog dari Northeastern University di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, anak yang disiplin akan memiliki pengendalian diri yang baik pula, sehingga ia mampu menghadapi berbagai permasalahan, serta bebas dari kecemasan dan depresi.
  2. Tumbuh Menjadi Anak Cerdas
    Anak yang disiplin dapat lebih fokus untuk belajar, dan membantunya membuat pilihan yang lebih baik dalam bidang akademik.
  3. Mendukungnya Meraih Tujuan
    Disiplin memungkinkan Si Kecil untuk menetapkan diri dan mencapai tujuan. Menurut US National Library of Medicine, sifat kontrol diri berhubungan positif dengan bagaimana ia mengelola konflik. Jadi, ketika ada masalah dan hambatan muncul, Si Kecil dapat melewatinya agar tujuannya tercapai.
  4. Terbiasa Berpikir Positif
    Penelitian menunjukkan bahwa pengendalian diri dapat memabantu Si Kecil menghadapi sebuah masalah. Ia lebih memikirkan pendekatan apa yang akan digunakan untuk menyelesaikannya, daripada bagaimana cara untuk menghindarinya.
  5. Tumbuh Sehat & Rajin Menabung
    Kebiasaan disiplin hidup sehat, dapat membantu anak untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, termasuk menghindarinya dari aktivitas yang kurang bermanfaat. Hal ini sekaligus membantu Bunda mengajarkan Si Kecil tentang cara menjadi anak soleh . Selain itu, kebiasaan untuk disiplin menyisihkan sebagian uangnya juga dapat melatih Si Kecil mengendalikan diri dalam membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan saat dewasa nanti.

Cara Mengajarkan Kedisiplinan pada Anak

Untuk membuat Si Kecil tumbuh menjadi anak yang disiplin, Bunda perlu cara tertentu agar ia mau menuruti aturan yang telah dibuat. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Tentukan Aturan Bersama
    Mulai dengan 4-5 aturan sederhana dalam keluarga, seperti tentang cara bertutur kata yang baik kepada orang tua, Kakek, atau Nenek, serta bagaimana cara untuk menjaga lingkungan di sekitarnya. Libatkan Si Kecil dalam membantu memutuskan beberapa aturan agar ia pun tak keberatan untuk menjalankannya.
  2. Siapkan Waktu untuk Saling Bercerita
    Ayah dan Bunda sebisa mungkin perlu meluangkan waktu setiap harinya untuk mendengarkan cerita Si Kecil tentang aktivitasnya, misalnya di saat sebelum tidur atau saat hari libur. Cara ini dapat mendekatkan Si Kecil dengan orang tua. Komunikasi yang baik adalah hal yang harus Bunda perhatikan juga dalam mengajarkan kedisiplinan. 
  3. Ajarkan Perilaku Hemat
    Ajak Si Kecil berbelanja bersama. Lalu, ketika membelikan Si Kecil sebuah mainan, ajarkan juga bagaimana ia harus merawatnya dan menggunakannya sesuai kebutuhan.
  4. Berikan Pujian
    Saat Si Kecil mendapat pujian karena telah berperilaku baik, ia akan cenderung tetap berperilaku baik. Hal ini cukup efektif dalam mendorong anak untuk melakukan seperti apa yang Bunda minta. Jadi, jangan lupa berterima kasih ya Bunda atas sikap baik Si Kecil.
  5. Tetapkan Batas & Konsekuensi yang Jelas
    Tentukan konsekuensi dari melanggar aturan yang telah dibuat bersama. Jadi, tak ada salahnya bila Bunda menyimpan mainannya, ketika Si Kecil tidak mau merapikan mainan. Untuk keseharian, Bunda juga bisa menetapkan batas waktu bermain dan waktu untuk tidur bagi Si Kecil.

Sambil menerapkan cara-cara di atas, Bunda juga perlu memberikan Si Kecil asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung proses belajarnya. Jadi, berikan Si Kecil makanan bergizi yang dapat menunjang pertumbuhannya. Susu DANCOW Advanced Excelnutri 5+ mengandung minyak ikan, serta LA dan ALA, untuk membantu optimalkan tumbuh kembang anak. Sehingga, cita-cita Bunda untuk membentuk karakter anak yang disiplin pelan-pelan dapat diwujudkan. Tetap semangat, Bunda!