Nutrisi

Manfaat Sayur untuk Pertumbuhan Si Kecil

09-11-2020

Manfaat Sayur untuk Pertumbuhan Si Kecil

Anak-anak kerap pilih-pilih makanan. Terkadang mereka hanya mau makanan tertentu yang rasanya manis atau gurih, seperti gula-gula dan gorengan. Salah satu jenis makanan yang sering ditolak oleh anak adalah sayuran. Rasa sayur yang khas terkadang tidak cocok di lidah mereka.

Bunda harus putar otak untuk mengatasi hal ini. Sebab sayuran memiliki pengaruh penting bagi tubuh si Kecil. Apalagi sayuran yang kaya warna. Yuk cari tahu lebih jauh tentang manfaat sayur untuk anak-anak.

Untuk Menjaga Kekebalan Tubuh

Vitamin yang terkandung dalam sayuran mampu menjaga kekebalan tubuh anak. Jadi, jangan sampai si Kecil kekurangan sayuran ya Bunda. Sebab, menurut Khoiri Fury Handayani dalam jurnal Gambaran Konsumsi Makanan pada Anak Usia Toddler yang Mengalami Gizi Kurang di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, apabila anak kekurangan vitamin maka dapat berakibat menurunya daya tahan tubuhsehingga mudah terserang penyakit seperti batuk, diare, demam. Sebab, defisiensi vitamin berperan pada rendahnya resistensi terhadap infeksi, kemudian akan menurunkan tingkat imunitas seseorang. Hal ini memberikan dampak negatif dalam penyerapan zat gizi sehingga meningkatkan risiko penyaki.

Mengurangi Risiko Obesitas

Anak akan terhindar dari risiko obesitas dengan mengonsumsi sayuran berserat. Wisarani Sevita Utami pada penelitian berjudul Hubungan Antara Aktivitas Fisik, Kebiasaan Konsumsi Serat dan Faktor Lain dengan Kejadian Obesitas mengatakan bahwa serat hanya menyumbangkan beberapa kalori per unit dari makanan yang dikonsumsi. Perut terisi dengan serat yang tinggi sehingga perasaan kenyang akan tercapai dengan konsumsi kalori yang rendah. Dengan demikian, si Kecil tidak meminta makanan tambahan yang akan membuatnya kegemukan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Si Kecil harus mengonsumsi sayuran secara rutin. Kandungan serat tinggi pada sayuran membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Risiko konstipasi pun berkurang dengan signifikan.

Menjadikan Si Kecil Lebih Cerdas

Erni Purwani dalam penelitian berjudul Pola Pemberian Makan dengan Status Gizi Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun di Kabunan Taman Pemalang, menyebutkan bahwa pola makan sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan pada balita. Sebab dalam makanan banyak mengandung gizi yang sangat penting dalam pertumbuhan. Nutrisi dari makanan anak 1 tahun akan mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak sehingga erat hubungannya dengan kesehatan dan kecerdasan.

Menekan Nafsu Makan

Banyak mengonsumsi sayuran membuat si Kecil mengurangi konsumsi makanan dan camilan kemasan yang tidak sehat. Ketika perut anak sudah penuh dan kenyang dengan sayuran segar, tentu dia tidak akan merasa lapar dan mencari camilan tambahan yang kurang sehat.

Perlu Bunda ingat, setiap sayuran dengan warna yang berbeda, memiliki kandungan yang berlainan pula. Karenanya, disarankan untuk mengonsumsi sayur yang bervariasi. Lantas nutrisi apa saja yang terkandung dalam sayuran?

1. Pro-vitamin A

Sayuran berwarna mengandung beta karoten yang berfungsi mengubah Pro-vitamin A yang ada dalam sayuran menjadi vitamin A. Pro-vitamin A dalam sayuran berguna untuk pertumbuhan tulang, mata, rambut dan kulit si kecil. Selain itu bermanfaat juga untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

2. Vitamin B kompleks

Sayuran yang mengandung vitamin B kompleks dapat membantu proses metabolisme pembentukan sel darah merah dan meningkatkan selera makan si kecil, menjaga sistem syaraf, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi dan membantu sel tubuh menggunakan oksigen

3. Vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam sayuran penting untuk memelihara kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang. Vitamin C juga bisa mempercepat penyembuhan luka, menambah daya serap tubuh atas zat besi dan dapat mencegah flu.

4. Vitamin E

Vitamin E dalam sayuran hijau penting untuk proses metabolisme dan menjaga kesehatan kulit dan otot. Selain itu, vitamin E di dalam tubuh adalah sebagai antioksidan alami yang mambuang radikal bebas.

5. Mineral

Beberapa mineral yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium dan zat besi. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Mineral ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan berguna untuk perkembangan sel syaraf dan otak. Sementara zat besi dalam sayur bisa mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh sel-sel tubuh, serta mencegah anemia.

Bunda, tubuh si Kecil bisa menyerap kandungan nutrisi alami dari buah dan sayuran segar dengan baik. Jadi, selalu sajikan buah serta sayuran secara rutin di setiap waktu makan anak. Agar dia bisa tumbuh sehat serta cerdas.

Dancow Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.