Nutrisi

Manfaat Probiotik untuk Tumbuh Kembang Anak, Bunda Wajib Tahu!

29-05-2019

Manfaat bakteri lactobacillus bagi pencernaan anak

Bunda tentu sudah memahami bahwa Si Kecil membutuhkan asupan makanan kaya bergizi lengkap dan seimbang. Seperti yang dikutip dari WebMD, probiotik merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam usus manusia yang memberikan efek positif bagi kesehatan dikenal juga dengan sebutan bakteri lactobacillus. Pasalnya, dengan probiotik ini bisa membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh. Tidak mengherankan jika pada akhirnya probiotik ini kerap disebut dengan bakteri baik.

Oleh karena itulah anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan membutuhkan makanan yang mengandung probiotik. Di mana probiotik ini berfungsi memaksimalkan nutrisi dan vitamin yang telah dikonsumsi oleh Si Kecil.

Maka itu Bunda perlu memerhatikan apakah asupan makanan Si Kecil sudah mengandung probiotik dengan bakteri lactobacillus atau tidak. Faktanya, sampai saat ini masih banyak  orangtua yang belum menyadari bahwa usus sebagai saluran cerna merupakan salah satu kunci penting yang punya peran besar dalam kualitas pertumbuhan Si Kecil.

Berikut beberapa makanan yang mengandung probiotik bakteri lactobacillus yang bisa Bunda berikan untuk Si Kecil.

ASI

Semua Bunda pasti sudah memahami bahwa ASI merupakan nutrisi pertama yang dibutuhkan Si Kecil di masa awal kehidupannnya. Para pakar kesehatan, mengatakan bahwa ASI mengandung probiotik yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan kalau probiotik yang terdapat dalam ASI mampu mendukung kesehatan saluran cerna pada bayi. Bahkan, seperti yang sudah diberitakan oleh Kompas.com ( https://lifestyle.kompas.com/read/2013/01/07/10431292/ASI.Mengandung.700.Jenis.Bakteri.Penting)  para ilmuwan telah menemukan bahwa ASI mengandung 700 jenis bakteri baik dan penting untuk tubuh.

Tempe dan tahu

Kebutuhan probiotik untuk Si Kecil bisa Bunda dapatkan dari tempe dan tahu. Saat ia memasuki tahapan MPASI, tempe dan tahu sudah bisa diberikan sebagai salah satu pilihan. Tidak hanya kandungan protein yang tinggi, tempe dan tahu juga merupakan salah satu sumber probiotik untuk Si Kecil.

Yoghurt

Salah satu sumber probiotik yang paling umum dan sudah diketahui oleh banyak orang adalah yoghurt. Yoghurt  merupakan produk olahan susu yang sudah difermentasi mengunakan bakteri lactobacillus. Namun, pemberian yoghurt ini baru bisa diberikan pada Si Kecil saat memasuki usia 1 tahun ke atas.

Bunda pun bisa memberikan tambahan aneka buah-buahan segar sebagai topping. Harapannya, Si Kecil lebih bersemangat saat mengomsumsi yoghurt sebagai jenis camilan yang sehat.

Susu Pertumbuhan Anak

Beberapa susu pertumbuhan anak juga mengandung bakteri baik. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan untuk anak usia 1 tahun ke atas, yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin, untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi Si Kecil.