Stimulasi

Manfaat DHA yang Perlu Bunda Tahu untuk Dukung Proses Belajar Anak Prasekolah

15-09-2020

Manfaat DHA mendukung proses belajar dan eksplorasi anak

Bunda mungkin sering mendengar  manfaat DHA bagi Si Buah Hati. Namun apa sebenarnya DHA dan bagaimana nutrisi ini dapat mendukung proses eksplorasi dan belajar Si Buah Hati? Docosahexaenoic acid atau yang lebih dikenal dengan DHA, adalah sebuah bentuk asam lemak dari kelompok omega-3. Sebagai salah satu asam lemak omega-3, asupan DHA bisa didapatkan dari minyak ikan.[ Selain itu, DHA juga bisa didapat dari ikan tuna, salmon, kerang, hingga kepiting salju.

 

DHA banyak ditemukan dalam otak dan juga retina mata, tak heran jika DHA berperan penting dalam perkembangan otak serta berpengaruh pada kemampuan kognitif Si Buah Hati sejak dalam kandungan. Berdasarkan studi, Bbagian lobus frontal dalam pada otak yang kaya akan DHA menurut studi bertanggung jawab atas kemampuan kognitif seperti perencanaan, pemecahan masalah, hingga membantu kita lebih fokus. DHA juga ditemukan secara alami dalam ASI, seperti dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan berperan penting pada perkembangan jaringan saraf dan retina mata.

Karena ditemukan dalam jumlah banyak di otak, tak heran jika nutrisi yang satu ini  berperan penting dalam perkembangan otak serta berpengaruh pada kemampuan kognitif Si Buah Hati sejak ia ada dalam kandungan.

Lalu, apa saja manfaat DHA yang dapat mendukung proses belajar Si Buah Hati di usia Prasekolah? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk dapat melakukan proses belajar, kesehatan mata adalah komponen penting bagi siapa pun termasuk Si Buah Hati yang memasuki usia prasekolah. DHA berperan penting dalam menjaga kesehatan mata karena DHA menyusun jaringan retina mata. Bahkan ada studi yang menyatakan bahwa kekurangan DHA dapat menyebabkan masalah pada kerucut retinal sehingga berefek pada kesehatan mata.
 

2. Membantu Otak Fokus

Menurut sebuah riset yang dipublikasikan dalam jurnal Neuropsychopharmacology, asam lemak yang ada dalam omega-3 membantu meningkatkan kemampuan fokus otak Si Buah Hati. Tentunya dengan kemampuan fokus yang lebih optimal, akan membantu saat Si Buah Hati sedang dalam proses belajar. Selain itu, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa DHA membantu meningkatkan kemampuan memori sehingga turut mendukung kemampuan mempelajari sesuatu.
 

3. Mendukung Kesiapan Membaca & Menulis

Selain berkaitan dengan kesehatan mata, kesiapan membaca juga membutuhkan dukungan motorik berupa koordinasi antara tangan dan mata Si Buah Hati. Di sini lah peran DHA bekerja. Bila DHA dan EPA pada otak Si Buah Hati hadir dalam jumlah cukup, maka perkembangan gerak motorik tubuh yang dihasilkan menjadi cepat dan berkembang dengan baik.

 

Yuk, lindungi proses belajar dan eksplorasi Si Buah Hati di masa Prasekolah