Stimulasi

Manfaat Bakteri Baik Bagi Kesehatan Tubuh Si Buah Hati

20-03-2020

Asupan Bakteri Baik untuk Perlindungan Anak

Tahukah, Bunda? Bakteri baik adalah organisme yang dapat bermanfaat untuk mendukung kesehatan Si Buah Hati. Bakteri ini banyak tersedia secara alami dalam bahan makanan dan minuman. Jika Bunda belum terbiasa, mungkin ide mengonsumsi bakteri hidup tampak aneh pada mulanya, ya. Namun, siapa sangka ternyata bakteri baik memiliki manfaat penting untuk perlindungan anak. Yuk, cari tahu info selengkapnya di bawah ini!

Mendukung Perlindungan Kesehatan Saluran Cerna

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bakteri baik merupakan mikroba yang hidup di dalam saluran pencernaan Si Buah Hati. Bila dikonsumsi, bakteri baik dapat memberikan manfaat positif bagi kondisi kesehatan tubuh. Salah satunya, yaitu membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna.

Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Lebih lanjut, hasil penelitian yang dilakukan oleh IDAI mengungkapkan bahwa beberapa bakteri baik seperti Lactobacillus menghasilkan asam laktat yang dapat menghambat pertumbuhan beberapa bakteri patogen atau bakteri jahat penyebab penyakit. Dengan kondisi kesehatan saluran cerna yang sehat, maka kesehatan tubuh Si Buah Hati senantiasa terjaga. Hal ini dapat mendukungnya agar ia tidak mudah sakit.

Membantu Mencegah Diare

Hasil penelitian yang dilakukan oleh IDAI juga menyebutkan bahwa asam laktat yang dihasilkan oleh bakteri baik Lactobacillus rhamnosus bisa membunuh bakteri berbahaya atau patogen yang menyebabkan diare. Sementara itu, bakteri baik seperti Bifidobacterium longum mampu membantu melancarkan proses pencernaan, khususnya penyerapan nutrisi susu di dalam tubuh. Hasilnya, perpaduan dua bakteri baik ini dapat membantu optimalkan proses pencernaan nutrisi di dalam tubuh, sekaligus mencegah terjadinya gangguan kesehatan saluran cerna, seperti diare.

Untuk mendukung perlindungan anak, Bunda disarankan memberikannya asupan makanan atau minuman yang mengandung bakteri baik. Kabar baiknya, bakteri baik ini dapat diperoleh dengan mudah di pasar atau mini market. Contohnya, seperti tempe dan yoghurt.

Eksplorasi Si Buah Hati tidak pernah berhenti, untuk itu Bunda perlu mendukung perlindungan anak dengan memberikan makanan bergizi seimbang dan juga susu pertumbuhan. Harapannya, hal ini dapat membantu Bunda mengusir rasa khawatir berlebihan dalam melindungi kesehatan Si Buah Hati.