Stimulasi

Mainan Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun

20-09-2019

Pilihan Mainan untuk Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Di usianya yang menginjak satu tahun, tumbuh kembang anak sedang meningkat pesat. Apalagi kemampuan motoriknya. Inilah salah satu alasan mengapa anak usia satu tahun senang bermain. Nah, agar kemampuan motoriknya berkembang optimal sesuai usianya, sebaiknya Bunda memperhatikan mainan yang diberikan kepada Si Buah Hati.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak usia satu tahun yang sedang senang ekplorasi, pilihan mainan anak 1 tahun yang tepat akan membantunya tumbuh lebih aktif dan energik. Dari beberapa pilihan mainan, permainan berikut ini bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati untuk melatih kemampuan motoriknya.

  1. Bermain Bola

Bola melatih kemampuan motorik kasar anak untuk menggenggam serta meraih suatu barang. Untuk pertama kali, pilihlah bola berukuran besar agar mudah dipegang. Ajak Si Buah Hati bermain dengan cara menggelindingkan bola secara bolak-balik.

  1. Boneka Rattle and Teether

Jenis boneka ini biasanya memiliki banyak tekstur seperti kancing, ritsleting, dan tali sehingga membantu anak belajar tekstur. Boneka ini juga memiliki warna-warni menarik dan bahkan bisa bergetar, sehingga memainkan boneka ini tak hanya merangsang kemampuan motorik, tapi juga kemampuan audio dan visual anak.

  1. Mainan Telepon

Di usia satu tahun, anak biasanya tertarik meniru hal-hal yang dilakukan orang dewasa. Itulah sebabnya mainan berbentuk telepon cocok untuk Si Buah Hati. Selain itu, mainan berbentuk telepon dapat mendorong Si Buah Hati untuk memencet tombol yang ada sehingga melatih kemampuan motorik halusnya.

  1. Kotak Geometri

Dalam permainan ini biasanya terdapat beberapa bentuk potongan yang harus dimasukkan ke dalam kotak dengan bentuk yang sesuai. Permainan semacam ini akan melatih koordinasi motorik tangan Si Buah Hati.

  1. Mobil-mobilan/Mainan yang Didorong

Gunakan permainan yang dapat didorong sehingga saat memainkannya anak mau tak mau harus menggerakan kaki mereka. Ini akan melatih gerak kaki dan tubuh anak saat memainkan permainan ini.

 

Saat Buah Hati sibuk bermain dan eksplorasi, Bunda dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak serta melindungi proses belajarnya dengan memberikan makanan bergizi lengkap dan seimbang. Lengkapi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan DANCOW Advanced Excelnutri+ yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Selain memberikan mainan yang tepat, Bunda juga bisa mengajak Si Buah Hati melakukan berbagai permainan yang mendukung tumbuh kembang anak  di DANCOW Parenting Center, lho. Di sini ada lima pilihan permainan yang bisa Bunda lakukan bersama Si Buah Hati. Masing-masing permainan hadir dengan stimulasi yang sudah disesuaikan dengan usia Si Buah Hati untuk membantu mengembangkan potensinya jadi Anak Unggul Indonesia.