Nutrisi

Macam-macam Bakteri Lactobacillus dan Manfaatnya untuk Si Buah Hati

17-11-2019

Macam-macam Bakteri Lactobacillus dan Manfaatnya untuk Si Buah Hati

Benarkah probiotik atau makanan dan minuman yang mengandung bakteri Lactobacillus dapat mempengaruhi daya tahan tubuh Si Buah Hati?  Dari sebuah jurnal kesehatan mengenai kaitan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh oleh Vighi et al. (2008) yang dimuat pada British Society for Immunology, diketahui bahwa sel kekebalan alami hidup pada saluran pencernaan yang sehat, dan sel-sel yang hidup dalam saluran pencernaan ini mewakili hampir 70% dari keseluruhan sistem kekebalan tubuh kita. Maka dari itu, dengan melindungi saluran pencernaan Si Buah Hati, Bunda juga melindungi ketahanan tubuhnya.

 

Bagaimana Bunda dapat membantu melindungi saluran pencernaan Si Buah Hati?

Ada banyak cara untuk melindungi sistem pencernaan Si Buah Hati, diantaranya:

  1. Berikan Si Buah Hati makanan dengan asupan sumber karbohidrat, protein, lemak, zat besi serta cairan, untuk menjaga keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  2. Mencukupi kebutuhan asupan cairan, untuk mencegah terjadinya konstipasi pada anak.
  3. Memberikan asupan makanan yang berserat, seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran. Selain membantu melancarkan pencernaan, makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral sebagai agen antioksidan dan antiinflamasi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan berserat ini juga berfungsi sebagai makanan untuk probiotik, yaitu bakteri baik dalam pencernaan, yang berfungsi mencegah dan mengurangi bahkan membantu pemulihan dari berbagai gangguan pencernaan.

 

Bagaimana Cara Probiotik Melindungi Saluran Pencernaan Si Buah Hati? Sejak tadi kita membicarakan tentang probiotik, yaitu bakteri baik yang berfungsi mencegah dan mengurangi bahkan membantu pemulihan berbagai gangguan pencernaan. Namun bagaimana sebenarnya cara probiotik melindungi pencernaan? Usus kita mengandung bakteri yang didapat sejak lahir. Sebagian besar bakteri ini merupakan bakteri baik yang berfungsi mengubah serat menjadi asam lemak rantai pendek, mensintesis vitamin tertentu, dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsumsi probiotik dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri sehat ini.

Definisi formal probiotik adalah, "mikroorganisme hidup yang bila diberikan dalam jumlah yang memadai memberi manfaat kesehatan pada inangnya". Jadi pada dasarnya, probiotik adalah mikroorganisme yang memberikan efek menguntungkan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Mengenal Jenis Probiotik dan Manfaatnya

Tahukah, Bunda? Di dalam tubuh, terdapat berbagai jenis probiotik atau bakteri Lactobacillus yang memiliki manfaat berbeda-beda, seperti:

  1. Lactobacillus reuteri

Ditemukan di berbagai bagian tubuh, termasuk saluran pencernaan, saluran kemih, kulit, dan ASI. Lactobacillus reuteri bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh, dan dapat membantu memperkuat dinding  usus dengan mengurangi penyebaran mikroba penyebab peradangan.

 

  1. Bifidobacterium lactis

Bifidobacterium lactis menghuni usus halus dan usus besar. Secara umum, tugasnya adalah memecah limbah tubuh hingga membantu penyerapan berbagai vitamin dan mineral.

 

  1. Lactobacillus casei

Dapat ditemukan dalam sistem pencernaan, juga di saluran kemih dan kelamin. Lactobacillus casei bermanfaat bagi sistem pencernaan. Tanpa L. casei, jauh lebih sulit bagi tubuh kita untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi penting.

 

  1. Lactobacillus rhamnosus

L. rhamnosus adalah jenis bakteri yang ditemukan di usus. L. rhamnosus memiliki banyak manfaat untuk sistem pencernaan dan manfaat kesehatan lainnya, seperti:

  • Mencegah dan mengobati diare, terutama yang terkait antibiotik (antibiotik dapat mengganggu mikrobiota dalam usus dan menyebabkan diare)
  • Menjaga kesehatan usus dengan menghasilkan asam laktat yang membantu mencegah adanya bakteri berbahaya di saluran pencernaan.
  • L. rhamnosus juga sudah diteliti dapat membantu menurunkan risiko penyakit pada pencernaan dan saluran pernapasan pada anak

Mengingat rentannya Si Buah Hati mengalami diare dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), ada baiknya Bunda memberikan makanan atau minuman yang mengandung probiotik untuk membantu menjaga daya tahan tubuhnya.

Tidak hanya itu, bantu juga fungsi probiotik dengan mengonsumsi serat pangan (prebiotik). Berbeda dengan probiotik, prebiotik adalah makanan (biasanya makanan tinggi serat) yang berfungsi sebagai asupan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap terjaga. Singkatnya, probiotik atau bakteri baik yang ada dalam tubuh Si Buah Hati, akan berfungsi lebih baik dengan prebiotik sebagai asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut.

Perlu penjelasan lebih lanjut mengenai bakteri Lactobacillus, probiotik, dan serat pangan (prebiotik)? Atau mau tahu pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak bagi tumbuh kembang Si Buah Hati? Konsultasikan langsung dengan para pakar di sini yuk, Bunda!