Parenting

Lindungi Perjalanan Si Kecil dengan Disiplin dalam Mobil

04-09-2018

Lindungi Perjalanan Si Kecil dengan Disiplin dalam Mobil

Keselamatan si Kecil tidak hanya ketika bermain, tapi juga di dalam perjalanan dengan mobil. Erika Mariana Tambunan, paham betul soal ini. Sebelum buah hatinya lahir, Leah Kimberly Joan Butarbutar, 3 tahun, Erika sudah menyiapkan car seat atau tempat duduk khusus untuk anak di mobil. “Selain untuk safety (keselamatan),car seat juga penting dalam mobilitas kalau saya hanya pergi berdua dengan Leah,” kata perempuan berusia 30 tahun ini.

Menurut dia, disiplin di dalam mobil sangat penting. Kalau membiarkan anak terbiasa berdiri atau dipangku di dalam mobil justru berbahaya. Ketika terjadi kecelakaan, justru anaklah yang biasa menjadi korban. Memang, Erika mengakui, proses membiasakan anak duduk di car seat tidak gampang. Orang tua harus konsisten dan sabar supaya si Kecil mengerti mengapa harus duduk sendiri dan mengenakan sabuk pengaman.

Awalnya pun Leah sering menangis dan minta duduk bersama orangtuanya. Erika sendiri mulai mengajari duduk di car seat sejak Leah berusia sebulan. Beberapa kali Erika terpaksa mengalah, terutama ketika Leah perlu diganti popoknya atau ingin minum air susu ibu. Lalu, pernah pula ketika Erika, suami, serta Leah berlibur ke Australia dan harus berkendara selama enam jam. Leah menangis karena tidak tahan duduk berlama-lama. “Saya dan suami awalnya tutup kuping, tapi lama-lama kami mengalah juga dan berhenti sebentar supaya ia bisa lepas dari car seat-nya,” kata Erika.

Tapi seiring berjalannya waktu dan usia, Leah mulai sadar pentingnya duduk di car seat untuk perlindungannya. Pernah suatu kali, ketika Leah sudah berusia 2 tahun, car seat-nya harus dicuci dan ia terpaksa duduk di kursi depan memakai sabuk pengaman orang dewasa. “Dia pegangan terus di pintu, katanya takut jatuh,” ujar Erika. Sekarang, berkat konsistensi dan disiplin sejak dini, ketika masuk mobil Leah langsung duduk di kursinya dan menunggu Ayah dan Bunda-nya memakaikan sabuk pengaman.

Menurut dia, di negara maju kebijakan memakaikan car seat untuk balita sudah lama diterapkan. Bahkan aturan ini sangat mengikat dan dendanya bisa sangat tinggi bagi yang melanggar. Ia semakin menyadari pentingnya memakaikan car seat untuk si Kecil ketika berlibur ke Australia bersama suami dan anak setahun yang lalu.

Selain konsistensi dan kesabaran, orang tua juga harus mempersiapkan hal-hal yang membuat Si Kecil betah duduk berlama-lama di dalam mobil. Berikut ini aktivitas menarik yang bisa dilakukan:
1. Ajarkan Si Kecil mengenal warna dengan mengajaknya mencari objek dengan warna tertentu selama perjalanan.
2. Ajak Si Kecil menghitung jumlah pohon atau objek lain yang ditemui di perjalanan.
3. Ajak Si Kecil bermain tebak benda. Pilih satu buah benda yang ada di dalam mobil, berikan beberapa kata sebagai petunjuk yang mendeskripsikan benda tersebut, lalu minta Si Kecil menebaknya.
4. Ajak Si Kecil bernyanyi lagu2 favoritnya atau main tebak lagu
5. Bawa boneka dan mainan kesayangan Si Kecil agar ia bisa bermain-main dengannya

DANCOW Lindungi Si Kecil dan Dukung Cinta Bunda agar Ia Berani Bereksplorasi #DANCOWLindungi.