Parenting

Latih Kemampuan Motorik Si Buah Hati Usia 3 Tahun dengan Belajar Naik Sepeda

18-01-2021

Anak mulai belajar naik sepeda

Menurut Robert Kliegman, dokter spesialis anak dan ahli di bidang pendidikan pediatri, belajar naik sepeda roda tiga adalah salah satu tanda bahwa perkembangan motorik Si Buah Hati yang berusia tiga tahun sudah berjalan dengan optimal. Kemampuan motorik saat belajar sepeda akan terlihat saat Si Buah Hati mengarahkan stang sepeda, menyeimbangkan sepeda, mengerem dan mengayuh sepeda. Tak heran jika menurut Jurnal Psikologi Pediatri, belajar mengendarai sepeda roda tiga merupakan stimulasi yang dapat melatih kemampuan motorik Si Buah Hati.

 

Sebagai salah satu stimulasi yang baik untuk mengoptimalkan kemampuan motorik Si Buah Hati, Bunda bisa mengajari Si Buah Hati naik sepeda dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

 

  1. Yakinkan Si Buah Hati Bahwa Bersepeda Adalah Hal Menyenangkan

image 1

 

Bagi Si Buah Hati yang baru pertama kali belajar naik sepeda, pengalaman ini mungkin membuatnya ragu dan takut. Bunda bisa meyakinkan Si Buah Hati bahwa bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan. Misalnya, dengan memberi contoh mengendarai sepeda atau mulailah dengan membonceng Si Buah Hati naik sepeda.

 

  1. Perkenalkan Cara Mengayuh

image 1

 

Agar sepeda bisa berjalan, tentu Si Buah Hati harus mengayuh pedalnya. Bunda bisa mengajarkan cara mengayuh sepeda dengan mendudukkan anak di sepeda kemudian meletakkan kaki Si Buah Hati pada pedal dan minta ia mendorong kakinya.

 

  1. Ajak Si Buah Hati Melihat Lurus ke Depan

image 1

Arah penglihatan merupakan salah satu hal yang penting saat Si Buah Hati belajar naik sepeda. Tak hanya membantu Si Buah Hati mencapai tujuan, tapi juga agar Si Buah Hati dapat melihat jika ada halangan yang mungkin muncul di sekitarnya saat bersepeda. Jadi saat mengajarkan Si Buah Hati mengendarai sepeda roda tiga, ajarkanlah ia untuk melihat lurus ke arah Bunda dan berlatih mengayuh sepedanya ke arah tersebut.

 

Baca Juga: Stimulasi Motorik Anak di Usia 1-5 Tahun

 

Agar proses belajar naik sepeda roda tiga bisa dilakukan Si Buah Hati tercinta dengan aman, perhatikan beberapa hal berikut ini ya, Bunda.

 

  1. Pastikan Area Tempat Si Buah Hati Bermain Datar & Lapang

 

image 1

Untuk Si Buah Hati yang baru pertama kali belajar naik sepeda, carilah tempat belajar yang memang cukup luas, sepi, dan datar ya, Bunda. Dengan begitu, Si Buah Hati dapat belajar dengan aman dan Bunda tak perlu khawatir ia menabrak benda-benda di sekitarnya.

 

  1. Gunakan Perlengkapan Keamanan Bila Perlu

image 1

Tak ada salahnya membekali Si Buah Hati yang sedang belajar naik sepeda dengan perlengkapan keamanan seperti helm atau jika perlu pelindung siku dan lutut. Pilihlah alat keamanan yang memang sesuai dengan ukuran Si Buah Hati agar ia nyaman saat memakainya.

 

  1. Dampingi Anak Agar Ia Percaya Diri

image 1
 

Saat Si Buah Hati belajar menggunakan sepeda, ia mungkin sesekali terjatuh. Sebaiknya Bunda mendampingi Si Buah Hati agar ia merasa percaya diri dan berikan semangat ketika Si Buah Hati terjatuh agar ia terus berusaha belajar sampai berhasil naik sepeda.

 

Masing-masing anak tentu memiliki kemampuan belajar naik sepeda yang berbeda-beda ya, Bunda. Jadi, jika Si Buah Hati sesekali jatuh atau tidak langsung mahir menggunakan sepeda roda tiga, Bunda tak perlu terlalu khawatir. Biarkan saja Si Buah Hati terus belajar mengayuh sepeda dengan caranya sendiri.

 

Nah, jangan ragu mendukung Si Buah Hati  bereksplorasi  main sepeda di sekitar lingkungan rumah ya, Bunda. Selain selalu memperhatikan keamanan dan protokol kesehatan, Bunda juga perlu mendukung daya tahan tubuhnya dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang sebagai salah satu cara untuk bantu #LindungiLangkahEksplorasi Si Buah Hati.

 

Dukung eksplorasi optimal Si Buah Hati dengan DANCOW 3+ Nutritods. DANCOW 3+ Nutritods  dengan kandungan 0 gram sukrosa, lebih banyak laktosa dibandingkan formula sebelumnya, tinggi zat besi, zink, minyak ikan, omega 3 & 6, serat pangan, tinggi vitamin A & C dan mikronutrien lainnya serta Lactobacillus rhamnosus.

 

Bagaimana Bunda, sudah siap mengajak Si Buah Hati belajar naik sepeda untuk membantu mengasah kemampuan motoriknya? Jangan lupa, perhatikan tips-tips di atas ya. Nah, supaya Bunda bisa terus mendukung perkembangan motorik Si Buah Hati, Bunda perlu terlibat aktif mengajaknya bermain. Cek inspirasi permainan seru lainnya yang dapat melatih perkembangan motorik Si Buah Hati di Nutritods 101 Monitor.