Nutrisi

Ketahui Variasi Resep Makanan Sehat untuk Anak

31-08-2018

Ketahui Variasi Resep Makanan Sehat untuk AnakKetahui Variasi Resep Makanan Sehat untuk Anak

“Nggak enak ikannya, aku maunya makan ayam aja.” “Aku nggak mau sayur, maunya sosis aja.” Hmm... apakah Si Buah Hati seperti ini Bunda? Kadang kita suka jengkel sendiri ya, kalau Si Buah Hati maunya makan yang itu-itu saja. Biasanya Si Buah Hati lebih suka lauk daging, ayam atau telur, dan tidak mau mengonsumsi makanan anak dengan jenis lainnya seperti sayur-sayuran. Walhasil, Bunda pun mesti memikirkan beragam resep makanan anak yang sehat untuk Si Buah Hati agar gizinya tetap terpenuhi.

Apa Saja Menu Makanan Sehat Itu?

Menurut Kementerian Kesehatan RI, makanan sehat bagi anak terdiri dari makanan pokok yang menjadi sumber karbohidrat (beras, kentang, atau roti), lauk-pauk sebagai sumber protein (daging ayam, ikan, atau tempe), serta sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral (bayam, tomat, atau pisang).

Jadi, dalam satu kali makan, menu yang dibuatkan untuk Si Buah Hati disarankan terdiri dari tiga kelompok makanan di atas, Bunda. Meski begitu, anak usia 3-5 tahun biasanya hanya mau mengonsumsi makanan tertentu saja. Wajar nggak sih? Wajar kok Bunda, karena di fase pertumbuhan ini Si Buah Hati suka pilih-pilih makanan. Lalu, bagaimana solusinya? Bunda perlu menyiapkan beragam resep makanan anak yang sehat dan menarik untuk Si Buah Hati. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

Kreasi Resep Makanan Sehat untuk Si Buah Hati

  1. Sarapan: Bubur Bola-bola Daging dan Bayam

Bahan utama:

  • Beras
  • Daging giling
  • Daun bayam

Cara membuat:

Rebus beras dan aduk hingga mengental menjadi bubur. Sembari merebus beras, masukkan potongan kecil daun bayam. Untuk membuat semur bola-bola daging, Bunda perlu bumbui daging giling yang kemudian dibentuk seperti bola kecil, lalu rebus hingga berwarna kecokelatan. Tumis bumbu semur, dan masukkan bola-bola daging giling ke dalam tumisan. Sajikan bubur nasi di mangkuk, dan tuangkan semur bola-bola daging di atasnya.

  1. Makan Siang: Nasi Tim Buncis dan Sup Bakso Ikan

Bahan utama:

  • Nasi
  • Bakso ikan
  • Buncis rebus

Cara membuat:

Kukus semangkuk nasi yang sudah ditambahkan irisan buncis dan air kaldu ayam, hingga teksturnya lebih lunak, sisihkan. Lalu, siapkan kuah sup berisi kaldu ayam yang sudah didihkan dan ditambahkan bakso ikan. Nasi tim siap disajikan bersama kuah bakso ikan.

  1. Makan Malam: Kentang Tumbuk Ikan Patin dan Tumisan Kacang Panjang

Bahan utama:

  • Kentang rebus
  • Ikan patin
  • Kacang panjang

Cara membuat:

Rebus kentang hingga matang. Lalu, kupas dan haluskan dengan cobek atau blender selagi panas, sisihkan. Rebus potongan daging ikan patin, kemudian suwir kecil-kecil. Terakhir, tumis kacang panjang bersama bawang hingga matang. Lalu siapkan piring untuk menyajikan kentang tumbuk, ikan patin, dan tumis kacang panjang untuk menu makan malam Si Buah Hati.

Selain kombinasi makanan sehat di atas, Bunda juga dapat memberikan camilan seperti buah-buahan atau puding. Berikan camilan setelah 2-3 jam dari waktu makanan utama ya Bunda,  supaya Si Buah Hati tidak merasa kekenyangan.

Dengan membiasakan Si Buah Hati melahap menu rumahan yang beragam, Bunda dapat menerapkan pola makan yang sehat untuk Si Buah Hati. Bantu lengkapi kebutuhan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikannya DANCOW Advanced Excelnutri+ 3+, susu pertumbuhan anak usia 3-5 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin.

Bagaimana Bunda, tidak terlalu sulit kan, membuatkan variasi resep makanan anak yang sehat untuk Si Buah Hati? Kalau kehabisan ide, Bunda bisa cari inspiriasi menunya di Piring Nutrisi. Selamat mencoba!