Kenali Waktu yang Tepat untuk Menyapih Si Kecil | DANCOW Parenting Center
Parenting

Kenali Waktu yang Tepat untuk Menyapih Si Kecil

03-11-2019

Ini Tanda dan Cara Menyapih Anak

Ketika Si Kecil sudah berusia satu tahun, Bunda mungkin mulai mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk menyapih Si Kecil. Mengingat tahap perkembangan anak bisa berbeda-beda, proses dan cara menyapih anak tidak selalu sama dan tidak dapat dipaksakan untuk tiap anak.

Ada baiknya, sebelum mulai melakukan berbagai cara menyapih anak, Bunda perlu memperhatikan apakah Si Kecil sudah siap disapih. Berikut ini adalah beberapa tandanya:

  1. Dapat duduk dan berdiri dengan tegak.
  2. Sudah bisa berjalan dan bergerak makin aktif.
  3. Minum menggunakan cangkir.
  4. Minat menyusu mulai berkurang.

Beberapa tanda di atas, biasanya muncul setelah Si Kecil menginjak usia satu tahun ke atas. Nah, apakah Si Kecil sudah memperlihatkan beberapa tanda tersebut, Bunda?

Perlu dicatat, selain memperhatikan kesiapan Si Kecil, Bunda juga perlu memastikan asupan gizinya tercukupi sebelum memutuskan untuk menyapihnya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil, Bunda disarankan memberikan aneka menu keluarga dengan kandungan gizi yang seimbang. Ini dapat diwujudkan dengan menyiapkan menu sarapan, makan siang, dan makan malam, serta ditambah menu camilan di antara waktu makannya.  

Bantu lengkapi asupan gizi Si Kecil dengan menyiapkan susu pertumbuhan. DANCOW Advanced Excelnutri+ 1+ merupakan susu pertumbuhan anak usia 1-3 tahun yang mengandung vitamin (A, C, D, E, K), selenium, zink, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), Lactobacillus rhamnosus, dan serat pangan inulin. Dengan asupan gizi yang tercukupi, Bunda dapat mendukung tumbuh kembang Si Kecil dengan optimal.

Jadi, apakah sekarang Bunda sudah memikirkan kapan sebaiknya mulai menyapih anak? Kapan waktu yang pas dan bagaimana cara menyapih anak, sebenarnya tergantung dari kondisi serta kesiapan Bunda dan Si Kecil. Yang terpenting, Bunda dapat memastikan bahwa masa penyapihan berlangsung nyaman bagi Si Kecil dan kebutuhan gizinya dapat terpenuhi. Dengan begitu, Bunda tidak perlu takut katakan #IyaBoleh untuk dukung Si Kecil bebas bereksplorasi.